STUDI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KELAS X PADA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 11 PALEMBANG
Nisya Ulmiah, Nely Andriani, Apit Fathurohman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains dan aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 di SMA Negeri 11 Palembang yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan mixed method research dengan model penelitian single group post-test only design yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Hasil analisis data kuantitatif dan data kualitatif menunjukkan persentase keterampilan mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, menyimpulkan dan mengkomunikasikan termasuk dalam kategori tinggi dengan rentang skor 61- 80%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kategori aktif serta berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa dan guru sangat tertarik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Dapat disimpulkan secara keseluruhan gambaran keterampilan proses sains siswa di SMA Negeri 11 Palembang termasuk dalam kategori tinggi dalam setiap aspek keterampilan proses sains siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Keywords
Keterampilan Proses Sains, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation