PENGARUH MODELPEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN PRABUMULIH
Helny Senidra, apit fathurohman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN Prabumulih. Penelitian dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group pre-test and post-test design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran, kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model learning cycle 5E dan kelas kontrol diajar dengan model konvensional. Pengumpulan data dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,7 yang termasuk kategori sedang dan N-gain rata-rata untuk kelas kontrol adalah 0,5 yang termasuk kategori sedang. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 4,14 sedangkan ttabel= 1,67 terlihat bahwa thitung >ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle 5E berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN Prabumulih.
Keywords
Model pembelajaran learning cycle 5E, Hasil belajar fisika