ANALISIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA PRAKTIKUM BESARAN DAN PENGUKURAN KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Sri Agustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan generik sains siswa pada praktikum besaran dan pengukuran. Penelitian dilaksanakan dengan empat kali pertemuan dengan sampel yaitu siswa kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang dipakai adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan non tes berbentuk lembar observasi dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan melalui lembar observasi dan soal tes dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki keterampilan generik sains pada praktikum besaran dan pengukuran untuk pengamatan langsung 71,75%, kemudian dilanjutkan kesadaran skala besaran sebesar 59,6%, bahasa simbolik 66% dan inferensi logika sebesar 65,3% untuk pemodelan matematik sebesar 65,6%. Secara keseluruhan keterampilan generik sains pengamatan langsung adalah keterampilan generik yang sering muncul dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa untuk tiap komponen keterampilan generik sains, menggunakan alat ukur besaran pada pembelajaran fisika di kelas X IPA 1 kriteria penilaiannya termasuk kategori tinggi terhadap munculnya keterampilan generik sains siswa dalam kelas tersebut.

Keywords


Keterampilan Generik Sains, Praktikum



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i1.3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats