KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2013 DAN 2015 | Amelia | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2013 DAN 2015
Tyas Amelia, Apit fathurohman, Taufiq Taufiq
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir secara eksperimen mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam memecahkan masalah dengan cara menganalisis pada materi Hukum Gerak Newton. Subyek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan fisika angkata 2013 dan 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap. tahap pertama tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 85 mahasiswa angkatan 2013 dan 71 mahasiswa angkatan 2015. Jawaban tersebut diperiksa melalui rubrik skor. Tahap kedua tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 20 mahasiswa yang mendapatkan nilai tertinggi dari tahap pertama dan dilanjutkan dengan teknik non tes berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2015, 20% masuk dalam jenis berpikir yang bersifatdestructive dan 80% mahasiswa masuk dalam jenis berpikiryang bersifatconstructive, sedangkan mahasiswa angkatan 2013, 30% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat destructive, 20% mahasiswa masuk dalam jenis beprikir yang bersifat constructive, dan 50% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat platonic. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa angkatan 2015 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat constructive dan mahasiswa angkatan 2013 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat platonic.
Keywords
Kemampuan Bepikir Eksperimen, Pendidikan Fisika, Pemecahan Masalah, Hukum Gerak Newton