HUBUNGAN ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KINERJA MAHASISWA PADA PRAKTIKUM FISIKA DASAR I
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berbagai aspek kecerdasan majemuk dengan kinerja mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam ini adalah penelitian ex post facto instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Inventory Multiple Intelligences. Hasil penelitan menunjukkan bahwa ada hubungan antara berbagai aspek kecerdasan majemuk dengan kinerjamahasiswa pendidikan fisika STKIP PGRI Lubuklinggau tahun akademik 2012/2013. Adapun rincian korelasi masing-masing aspek kecerdasan majemuk terhadap kinerja mahasiswa yaitu ada hubungan antara kecerdasan linguistik dan kecerdasan antarpribadi dengan respon aspek kognitif, ada hubungan antara kecerdasan linguistik dan kecerdasan antarpribadi dengan respon aspek afektif, dan ada hubungan antara kecerdasan linguistik, kecerdasan kinestetik jasmani dan kecerdasan antarpribadi dengan respon aspek psikomotorik. Tidak ada hubungan antara kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik jasmani, kecerdasan musikal dan kecerdasan intrapribadi dengan respon aspek kognitif, tidak ada hubungan antara kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual, kecerdasan kinestetik jasmani, kecerdasan musikal dan kecerdasan intrapribadi dengan respon aspek afektif dan tidak ada hubungan antara kecerdasan logis matematis, kecerdasan visual, kecerdasan musikal dan kecerdasan intrapribadi dengan respon aspek prikomotorik.
Keywords
Kecerdasan majemuk, kinerja mahasiswa
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.
p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971
Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed in:
Recommended Tools :