PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LAHATPADA MATERI SUHU DAN KALOR

Karina Eka Putri, Sardianto Markos

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh  model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (quasi-eksperimental) dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Lahat tahun ajaran 2015/2016, dimana kelas X.E sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X.B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode ceramah. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes subjektif (esai) dan non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran berbasis masalah. Analisa data instrumen tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 76 dan rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 70. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh zhitung 3,12 sedangkan ztabel = 2,00, terlihat bahwa zhitung> ztabel. Sehingga  H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords


model pembelajaran berbasis masalah,kemampuan berpikir kritis



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats