PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTENTIK ASSESMEN BERUPA PENILAIAN PROYEK DENGAN PRODUK MIND MAPPING PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Abidin Pasaribu

Abstract


Penilaian merupakan salah satu bagian pada proses pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil penilaian yang menyeluruh perlu digunakan instrumen penilaian yang mampu menilai kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengembangkan instrumen autentik assesmen pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang valid dan reliabel. Instrumen autentik asesmen yang dikembangkan berupa penilaian proyek dengan produk mind mapping pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tiga langkah utama yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Penelitian dilaksanakan di program studi pendidikan fisika FKIP Unsri dengan subjek penelitian mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unsri yang mengikuti perkuliahan fisika dasar 1 tahun akademik 2016/2017. Analisis data penilitian dilakukan untuk mengukur validitas dan reliabilitas. Hasil akhir instrumen yang dikembangkan yaitu instrumen penilaian proyek dengan produk mind mapping terkait materi gaya dan hukum newton tentang gerak. Validitas instrumen penilaian proyek mind mapping dilakukan oleh ahli dan diperoleh hasil yang valid. Sedangkan untuk reliabilitasnya diperoleh nilai  lebih besar dari 0,7 yaitu  yang berarti instrumen tersebut reliabel. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian terpenuhi yaitu telah tersusun dan berhasil dikembangkan instrumen autentik assesmen pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang valid dan reliabel.

Keywords


autentik asesmen, penilaian proyek, mind mapping, gaya, hukum newton tentang gerak



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v3i2.3843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats