EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016 | Ariani | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Tri Ariani, Winda Suanti
Abstract
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016â€. Rumusan masalahnya adalah, Apakah hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran fisika dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 tuntas?, bagaimana Tanggapan siswa pada proses pembelajaran fisika dengan menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun pembelajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktifitas belajar siswa dan tanggapan siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning(PBL) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun ajaran 2015/2016 dan sebagai sampelnya adalah kelas VIII.8 yang berjumlah 36 siswa dan diambil secara acak. Penggumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t diperoleh >disimpulkan bahwa “penggunaan model pembelajaran Problem Based Learningefektif, aktifitas belajar siswa aktif dan tanggapan siswa positif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuklinggauâ€.
Keywords
efektivitas, Problem Based Learning (PBL), aktifitas, tanggapan dan pembelajaran fisika