PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 2 RANTAU PANJANG | hartanto | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 2 RANTAU PANJANG
Hartanto hartanto
Abstract
Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dikelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang yang berjumlah 30 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII.A di SMP Negeri 2 Rantau Panjang melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan bantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empattahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 11,10% dan 13,87% darisetiap siklusnya. Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajan TTWdengan bantuan LKS juga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,6%dan 13,4% dari setiap siklusnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW dengan bantuan LKS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang.
Keywords
Think Talk Write, Lembar Kerja Siswa, Hasil belajar