PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN BANTUAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VII.A SMP NEGERI 2 RANTAU PANJANG

Hartanto hartanto

Abstract


Abstrak : Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 dikelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang yang berjumlah 30 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VII.A di SMP Negeri 2 Rantau Panjang melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan bantuan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empattahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 11,10% dan 13,87% darisetiap siklusnya. Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajan TTWdengan bantuan LKS juga menunjukkan adanya peningkatan sebesar 6,6%dan 13,4% dari setiap siklusnya.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TTW dengan bantuan LKS sangat efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang.

Keywords


Think Talk Write, Lembar Kerja Siswa, Hasil belajar



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i1.4250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats