PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA

Tri Ariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar fisika siswa SMA Setelah diterapkan strategi pembelajaran ekspositori pada X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau?. Tujuan dari penelitian ini, yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa Kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Model penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu. Populasinya seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau sebanyak 121 orang. Sebagai sampel adalah kelas X.1 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berupa tes essai sebanyak enam soal. Rata-rata hasil pre test uji kelas eksperimen sebesar 25,5. Rata-rata hasil post test uji kelas eksperimen sebesar 84,29. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t pada taraf signifikan 𛼠= 0,05, didapat thitung = 5,86 dan ttabel = 1,71 karena t hitung > t tabel, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspsositori siswa kelas X SMA Negeri 8 Lubuklinggau.


Keywords


ekspositori, fisika



DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i1.4258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats