PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEREMIDIASI MISKONSEPSI PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK | Pasaribu | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEREMIDIASI MISKONSEPSI PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Abidin Pasaribu, Saparini Saparini
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memiliki tiga langkah utama yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Penelitian dilaksanakan di program studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri dengan subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Fisika yang mengambil mata kuliah fisika dasar 1 tahun akademik 2016/2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan walktrough, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji validitas dan kepraktisan. Hasil akhir bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar berbasis kontekstual materi gaya dan hukum Newton tentang gerak. Hasil analisis data walktrough dan angket menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dan sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan penelitian terpenuhi yaitu telah tersusun dan berhasil dikembangkan bahan ajar berbasis kontekstual untuk meremidiasi miskonsepsi pada materi gaya dan hukum newton tentang gerak yang praktis.
Keywords
bahan ajar kontekstual, miskonsepsi, gaya, hukum newton.