Pengembangan bahan ajar pada materi listrik dinamis berbasis web yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif | Azzahro | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Pengembangan bahan ajar pada materi listrik dinamis berbasis web yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif
Siti Zuraidah Azzahro, Purwanto Purwanto, Agus Fany C. Wijaya
Abstract
Penelitian ini memaparkan penelitian tentang pengembangan bahan ajar berbasis web pada materi listrik dinamis yang berorientasi keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar web SMP berorientasi keterampilan berpikir kreatif yang teruji kelayakannya serta dapat membantu guru dan peserta didik dalam mempelajari materi listrik dinamis. Metode yang digunakan peneliti dalah metode Research and Development (R&D) model 4-D yang direduksi menjadi 3-D (Define, Design dan Develop). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian bahan ajar dalam memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif, kelayakan konten, kelayakan desain visual dan kelayakan navigasi menu. Instrumen digunakan pada tahap validasi di uji ahli dan uji coba pengguna. Uji ahli dilakukan oleh 3 orang dosen fisika. Uji pengguna dilakukan oleh 3 orang guru mata pelajaran fisika dan 30 orang peserta didik kelas IX SMP. Hasil validasi secara keseluruhan menunjukan bahwa bahan ajar layak digunakan ditinjau dari memfasilitasi keterampilan berpikir kreatif, kelayakan konten, kelayakan desain visual dan kelayakan navigasi menu
Keywords
bahan ajar berbasis web, listrik dinamis, keterampilan berpikir kreatif
Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. (2006). Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Kemendiknas. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta: Dirjen Manajemen
Liliawati, W & Puspita, E. (2010). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Fisika, Bandung.
Liliawati, W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA No: 2, Vol: 16.
M. D. Roblyer. (2006).Integrating Educational Technology Into Teaching. New Jersey : Pearson.
Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munir. (2008). Kurikulun Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.