Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Teori Respon Butir

Nenden Annisa Rosidah, Taufiq Ramlan Ramalis, Iyon Suyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konstruksi tes keterampilan berpikir kritis dan karakteristiknya berdasarkan teori respon butir. Tes disusun berdasarkan konsep dasar suhu dan kalor berupa 8 butir tes uraian open-ended yang mengacu pada 3 dari 6 aspek keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode campuran (mixed methods) dengan desain concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada respons 108 siswa yang telah mendapatkan pembelajaran tentang suhu dan kalor kelas X SMA di Tasikmalaya dan Bandung. Hasil analisis dari kurva karakteristik tes menunjukkan bahwa indeks kesukaran () terentang antara -1,49 sampai 1,34 dengan indeks kesukaran yang berbeda pada tiap kategorinya. Perpotongan antara total fungsi informasi dan SEM (Standard error measurement) berada  pada rentang -1,70 sampai 1,20.  Hal ini berarti, keseluruhan tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dari tingkat  kemampuan rendah (di bawah rata-rata) sampai kemampuan tinggi (di atas rata-rata).


Keywords


keterampilan berpikir kritis; tes keterampilan berpikir kritis; teori respon butir.

References


Isgiyanto A. (2013). Perbandingan Penyekoran Model Rasch dan Model Partial Credit Pada Matematika. Jurnal Kependidikan, Vol. 43, No. 1, 9 – 18

Mapeala R, dan Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for ffth. A Spriger Open Journal 4:741 DOI 10.1186/s40064-015- 1535-0.

Ramalis, T. R. & Rusdiana. (2015). Karakteristik Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Bumi dan Antariksa untuk Calon Guru.

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika Vol. 1, No. 2, 51-58.

Retnawati, Heri. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya. Yoyakarta: Nuha Medika.

Ridho, Ali. (2004). Karakteristik Psikometrik Tes Berdasarkan

Pendekatan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir. [Online].

Tersedia: http://journal.unair.ac.id/download fullpapers- 01%20CTT%20DAN%20IRT.pdf

Sugiarti, Tiar. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika Sa. Skripsi. UPI: Tidak Diterbitkan.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.4552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats