• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Teori Respon Butir | Rosidah | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    Karakteristik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Berdasarkan Teori Respon Butir

    Nenden Annisa Rosidah, Taufiq Ramlan Ramalis, Iyon Suyana

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konstruksi tes keterampilan berpikir kritis dan karakteristiknya berdasarkan teori respon butir. Tes disusun berdasarkan konsep dasar suhu dan kalor berupa 8 butir tes uraian open-ended yang mengacu pada 3 dari 6 aspek keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode campuran (mixed methods) dengan desain concurrent embedded dengan metode kuantitatif sebagai metode primer. Analisis data dalam penelitian ini didasarkan pada respons 108 siswa yang telah mendapatkan pembelajaran tentang suhu dan kalor kelas X SMA di Tasikmalaya dan Bandung. Hasil analisis dari kurva karakteristik tes menunjukkan bahwa indeks kesukaran () terentang antara -1,49 sampai 1,34 dengan indeks kesukaran yang berbeda pada tiap kategorinya. Perpotongan antara total fungsi informasi dan SEM (Standard error measurement) berada  pada rentang -1,70 sampai 1,20.  Hal ini berarti, keseluruhan tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dari tingkat  kemampuan rendah (di bawah rata-rata) sampai kemampuan tinggi (di atas rata-rata).


    Keywords


    keterampilan berpikir kritis; tes keterampilan berpikir kritis; teori respon butir.

    References


    Isgiyanto A. (2013). Perbandingan Penyekoran Model Rasch dan Model Partial Credit Pada Matematika. Jurnal Kependidikan, Vol. 43, No. 1, 9 – 18

    Mapeala R, dan Siew, N. M. (2015). The development and validation of a test of science critical thinking for ffth. A Spriger Open Journal 4:741 DOI 10.1186/s40064-015- 1535-0.

    Ramalis, T. R. & Rusdiana. (2015). Karakteristik Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kritis Bumi dan Antariksa untuk Calon Guru.

    Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika Vol. 1, No. 2, 51-58.

    Retnawati, Heri. (2014). Teori Respons Butir dan Penerapannya. Yoyakarta: Nuha Medika.

    Ridho, Ali. (2004). Karakteristik Psikometrik Tes Berdasarkan

    Pendekatan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir. [Online].

    Tersedia: http://journal.unair.ac.id/download fullpapers- 01%20CTT%20DAN%20IRT.pdf

    Sugiarti, Tiar. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika Sa. Skripsi. UPI: Tidak Diterbitkan.

    Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.4552

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats