ANALISIS KUALITATIF GAYA BERPIKIR SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA

Diyan Patimah, Murni Murni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini untuk mengidentifikasi gaya berfikir siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA di kota Tangerang dan objek penelitian adalah gaya berpikir siswa. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Instrumen bantuan yang digunakan pada penelitian ini adalah angket (gaya berpikir), soal tes, dan pedoman wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) pemikir sekuensial konkret (SK) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara lengkap, terurut dan bertahap, menuliskan informasi diketahui dan ditanya, menggambarkan posisi objek dan tidak mengecek ulang jawaban; (2) pemikir sekuensial abstrak (SA) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara terurut, menuliskan informasi yang diketahui saja, tidak menggambarkan posisi objek, dan tidak mengecek ulang jawaban; (3) pemikir acak konkret (AK) dalam memecahkan masalah fisika menuliskan langkah penyelesaian secara terurut dan tidak lengkap, tidak menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya, menggambarkan posisi objek, dan mengecek ulang dengan cara yng sama; (4) pemikir acak abstrak (AA) dalam memecahkan masalah fisika, menuliskah langkah penyelesaian secara tidak terurut, menuliskan apa yang diketahui saja, tidak menggambarkan posisi objek, menuliskan jawaban tidak berurutan, dan mengecek ulang dengan cara yang berbeda.

 

Kata Kunci: profil siswa, gaya berpikir, pemecahan masalah fisika


Keywords


profil siswa, gaya berpikir, pemecahan masalah fisika

References


Bancong, Hartono. 2014. Studi Kualitatif Gaya Berpikir Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Berkala Fisika Indonesia,Volume 6 Nomor 1. Makasar: Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Darma Andreas Ngilawajan. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. Jurnal Pedagogia. Vol. 2, No. 1, Februari 2013: halaman 71-83.

Deporter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2015.Quantum Learning. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Djamal, M. 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika SMA. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69.

Halim, Abdul. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 2 Secanggang Kebupaten Langkat. Jurnal Pelangi Pendidikan, Vol. 22 No. 1 Juni 2015.

Lestari, Sri. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas XI IIS 1 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XIX/November 2015. Yogyakarta.

Lusikooy, P., Haeruddin, & Werdhiana, I. K.

Analisis Perilaku Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa Yang Berpikir Secara Konvergen Dan Divergen (Studi Kasus Pada Siswa Peserta OSN Fisika Di Sma Negeri Model Terpadu Madani Palu). Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) Vol. 1 No. 4. Sulawasi Tengah : Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. ISSN

3240.

Nurdin, 2010, “Profil alur berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah limit berdasarkan langkah- langkahPolya”, Disertasi, tidak diterbitkan, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Prastowo, Andi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persepektif Rencana Penelitian. Jogjakarta: AR- Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats