PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII.8 SMPN 1 KOTA BENGKULU

Melin Novitri, Rosane Medriati, Dedy Hamdani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.8 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata skor sebesar 31 (kategori cukup), meningkat pada siklus II menjadi 34 (kategori baik), meningkat pada siklus III menjadi 37,5 (kategori baik) dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 39 (kategori baik). Hasil belajar kognitif siswa untuk siklus I diperoleh skor rata-rata 83,69 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 60,86%, meningkat pada siklus II menjadi 88,58 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,26%, meningkat pada siklus III menjadi 91,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 82,60% dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 92,93 dengan ketuntasan belajar klasikal 86,95%. Skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 62,20; meningkat pada siklus II menjadi 72,46; meningkat pada siklus III menjadi 85,50 dan meningkat kembali pada siklus IV menjadi 90,94 . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords


Problem based learning, aktivitas belajar, hasil belajar, kemampuan pemecahan masalah.

References


Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana prenada media group.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 52-55.

Widodo, & widayanti, l. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. jurnal fisika indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats