PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA | Muslim | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA
Muhammad Muslim, Syuhendri Syuhendri, Saparini Saparini
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan evaluasi yang merujuk pada evaluasi Tesmer yang terdiri dari penilaian sendiri (self evaluation), validasi ahli (expert review ), uji orang perorangan (one to one evaluation), uji kelompok kecil (small group evaluation) dan pengujian lapangan (field test). Dari hasil penelitian berupa produk modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek diperoleh tingkat kevalidan sebesar 82,07% dengan kategori valid, sedangkan tingkat kepraktisan ditinjau dari tahap uji coba produk pengembangan pada tahap one-to-one evaluatuion diperoleh hasil rata-rata sebesar 81,85 % dengan kategori praktis dan rata-rata sebesar 86,79 % dengan kategori sangat praktis pada tahap uji coba small group evaluation.
Keywords
modul, elektronika, berbasis proyek, Research dan Development
Odom, S. L. (1993). Integrating young children with disabilities into community programs. TECSE. 13(3): 388-393.
Ornay, A. J. D. (2017). Pemahaman dan miskonsepsi tentang konsep gerak dan gaya pada siswa kelas SMAN 1 Titehena. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santana Dharma.
Ozmen, H., & Naseriazar, A. (2017). Effect of simulations enhanced with conceptual change text on university students’ understanding of chemical equilibrium. J. Serb. Chem. Soc. 82(0): 1-16.
Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana prenada media group.
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 52-55.
Widodo, & widayanti, l. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. jurnal fisika indonesia.