PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM ELEKTRONIKA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

Muhammad Muslim, Syuhendri Syuhendri, Saparini Saparini

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Metoda yang digunakan dalam penelitian adalah Research dan Development (R&D) yang mengacu pada penelitian pengembangan yang merujuk pada Thiagarjan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) Tahap Pendefinisian (define), (b) Tahap Perencanaan (Design), (c) Tahap Pengembangan (Develop) dan (d) Tahap Diseminasi (Disseminate). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan evaluasi yang merujuk pada evaluasi Tesmer yang terdiri dari penilaian sendiri (self evaluation), validasi ahli (expert review ), uji orang perorangan (one to one evaluation), uji kelompok kecil (small group evaluation) dan pengujian lapangan (field test). Dari hasil penelitian berupa produk modul praktikum elektronika dasar berbasis proyek diperoleh tingkat kevalidan sebesar 82,07% dengan kategori valid, sedangkan tingkat kepraktisan ditinjau dari tahap uji coba produk pengembangan pada tahap one-to-one evaluatuion diperoleh hasil rata-rata sebesar 81,85 % dengan kategori praktis dan rata-rata sebesar 86,79 % dengan kategori sangat praktis pada tahap uji coba small group evaluation.

Keywords


modul, elektronika, berbasis proyek, Research dan Development

References


Odom, S. L. (1993). Integrating young children with disabilities into community programs. TECSE. 13(3): 388-393.

Ornay, A. J. D. (2017). Pemahaman dan miskonsepsi tentang konsep gerak dan gaya pada siswa kelas SMAN 1 Titehena. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santana Dharma.

Ozmen, H., & Naseriazar, A. (2017). Effect of simulations enhanced with conceptual change text on university students’ understanding of chemical equilibrium. J. Serb. Chem. Soc. 82(0): 1-16.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana prenada media group.

Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 52-55.

Widodo, & widayanti, l. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon progo tahun pelajaran 2012/2013. jurnal fisika indonesia.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats