PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL HULU SUNGAI SELATAN

mustika wati, Sri Hartini, Misbah Misbah, Resy Resy

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya modul pembelajaran fisika yang berintegrasi dengan kearifan lokal masyarakat Hulu Sungai Selatan di SMA Negeri 1 Angkinang. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal Hulu Sungai Selatan pada materi suhu dan kalor di kelas X-6 SMA Negeri 1 Angkinang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan modul fisika ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan dengan desain ADDIE. Data pada penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi modul, angket respon, dan tes hasil belajar. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul berdasarkan pada lembar validasi untuk segi isi berkategori valid dan validitas modul untuk segi tampilan berkategori sangat valid, (2) kepraktisan modul berdasarkan angket respon berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas modul berdasarkan tes hasil belajar berkategori tinggi. Dari hasil tersebut dapat simpulkan bahwa modul fisika berintegrasi kearifan lokal Hulu Sungai Selatan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


Modul fisika, kearifan lokal, hulu sungai selatan.

References


Batoq, I., Susila, I. W., & Rijanto, T. (2015).Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sistem Pendingin Bahan Bakar dan Pelumas Di SMKN 3

Sendawar. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori dan Praktek , 117-126.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika , 123-130.

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. Indonesian Physical Review 2 (2), 68.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six- Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Association of Physics Teachers , 64-74.

Hartini, S., Misbah, Helda, & Dewantara, D. (2017, August). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1868, No. 1, p. 070006). AIP Publishing.

Kurniawan, B. P., Bektiarso, S., & Subiki. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Disertai Penilaian Kinerja Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A MTs Nurul Amin Jatiroto. Jurnal Pembelajaran Fisika , 328-333.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v4i2.5411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats