• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • PROFIL PEMBELAJARAN TERPADU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | Wulandari | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PROFIL PEMBELAJARAN TERPADU PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

    Soesy Sri Wulandari, Prabowo Prabowo, imam supardi

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama yaitu bagaimana membuat proses perencanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama.Data yang terkumpul dideskripsikan dan dianalisis setelah diadakan reduksi dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan trianggulasi metode. Hasil analisis deskriptif tersebut diperoleh temuan-temuan atas jawaban-jawaban pertanyaan-pertanyaan penelitian dan selanjutnya dikemukakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ditemukan guru yang belum mengintegrasikan pembelajaran secara terpadu yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan temuan tersebut , maka dapat disimpulkan bahwa profil pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di sekolah menengah pertama belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran  terpadu.Penyebab utama kondisi tersebut adalah guru belum memahami karakteristik pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA.


    References


    Assaraf, O. B., & Orion, N. (2010).System Thinking Skills at the Elementary School Level.Journal Research in Science Teaching.Vol. 47, N0. 5, pp. 540–563.

    Bell, R. L., Smetana, L., and Binns, I. (2005).Simplifying inquiry instruction.Assessing the inquiry level of classroom activities.The Science Teacher 72 No. 7, pp. 30-33.

    Collins, R. (2014). Skills for the 21st Century: teaching higher-order thinking. Curruculum& Leadership Journal, An Electronic Journal for Leaders in Education.Vol 12 Issue 14.

    Davies, M., Brown, R.S. (2011) A Programmatic Approach to Teaming and Thematic Instruction.North Carolina Middle School Association Journal.Fal 2011 Vol 26 No 1.Pp 1-17.

    Fisher, R. (2001). Philosophy in Primary Schools: fostering thinking skills and literacy. Reading, pp. 67-73.

    Fogarty, R. (1991). How to Integrate the Curricula.Palatine. Illinois: IRI/ Skylight Publishing, Inc.

    Gronlund, N.E. (2003). Assessment of Student Achievement. Pearson education: New York.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5745

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats