Abstrak: Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas bahan ajar Teks Perubahan Konseptual (TPK) dalam meningkatkan pemahaman konsep Dinamika siswa SMA. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas X SMA Negeri 6 Prabumulih, dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpul data adalah Tes Konsep Dinamika. Didapatkan rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 17,33 dan kelas kontrol 16,33. Setelah treatment, hasil rata-rata post-test kelas eksperimen meningkat menjadi 77,16 sedangkan kelas kontrol meningkat menjadi 32,50. Hasil uji-t didapatkan . Berdasarkan analisis N-gain didapatkann nilai N-gain kelas eksperimen berada pada kategori tinggi sedangkan kelas kontrol pada kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan TPK Dinamika efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi dinamika. Penelitian memberikan kontribusi TPK Dinamika yang sudah dikembangkan valid dan praktis dapat digunakan pengajar untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi siswa
Keywords
Teks Perubahan Konseptual, pemahaman konsep, dinamika
Agustina, D. (2016). Pengembangan bahan ajar teks perubahan konseptual bebrbasis model perubahan konseptual pada materi gerak harmonik sederhana. Skripsi. Indralaya: Unsri.
Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123
Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69
Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69
Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. Indonesian Physical Review 2 (2), 68.
Ariska, Melly. Pemanfaatan Komputasi pada Pembelajaran Fisika dalam Merumuskan Dinamika Benda Ruang 3D. Seminar Nasional Pendidikan IPA 1 (1), 139-149.
Odom, S. L. (1993). Integrating young children with disabilities into community programs. TECSE. 13(3): 388-393.
Ornay, A. J. D. (2017). Pemahaman dan miskonsepsi tentang konsep gerak dan gaya pada siswa kelas SMAN 1 Titehena. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Santana Dharma.
Ozmen, H., & Naseriazar, A. (2017). Effect of simulations enhanced with conceptual change text on university students’ understanding of chemical equilibrium. J. Serb. Chem. Soc. 82(0): 1-16.