PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN EKSPERIMEN BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI JENJANG SEKOLAH MENEGAH ATAS | Taufiq | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN EKSPERIMEN BERPIKIR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI JENJANG SEKOLAH MENEGAH ATAS
Taufiq Taufiq, Sudirman Sudirman, Kistiono Kistiono, Ning Ayu Oktaviani
Abstract
Telah dikembangkan instrument pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran eksperimen berpikir dalam memecahkan masalah fisika di jenjang Sekolah Menengah Atas yang Valid dan Reliabel. Produk Instrumen ini di ujicobakan di sekolah menengah atas pada kabupaten Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Kota Palembang yang dipilih secara acak. Jumlah subjek penelitiannya 45 siswa dari SMA yang terpilih. Jenis pengembangan ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Pada tahap define dilakukan 4 langkah diantaranya analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Kemudian pada tahap design dilakukan 2 langkah diantaranya adalah mengkontruksi tes beracuan kriteria dan desain awal. Pada tahap ketiga yakni development dilakukan penilaian ahli dan uji pengembangan. Selanjutnya yang terakhir adalah tahap disseminate yaitu penyebaran dilakukan 2 langkah diantaranya pengujian validitas dan pengemasan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan soal dari ahli berdasarkan saran, komentar dan perbaikan termasuk dalam kategori Valid, untuk validitas secara empiris sebesar 3,81 termasuk kategori valid. Hasil reliabilitasnya adalah sebesar 0,767 termasuk dalam kategori tinggi. Pada tahap selanjutnya dilakukan kembali uji reliabilitas dengan sampel yang samaa dari sebelumnya. Hasilnya adalah bahwa reliabilitasnya sebesar 0,739 juga termasuk dalam kategori tinggi
Keywords
Instrumen, eksperimen berpikir, validitas, reliabilitas, model pengembangan 4D
Ariska, Melly. Analisis Dinamika Gasing Balik Tanpa Gesekan Dengan Syarat Awal Bervariasi Berbasis Reduksi Routhian. Indonesian Physical Review 2 (2), 68.
Ariska, Melly. Pemanfaatan Komputasi pada Pembelajaran Fisika dalam Merumuskan Dinamika Benda Ruang 3D. Seminar Nasional Pendidikan IPA 1 (1), 139-149.
Reiner, M., Haifa, T. & Gilbert, J.K. (2004). The symbiotic roles of empirical experimentation and thougt experimentation in the learning of physics. International Journal of Science Education, 26(15), 1819-1834.
Serway, Raymond, dan John W. Jewett, Jr, 2009,FISIKA Untuk Sains dan Teknik Buku 1 Edisi 6 (Terjemahan). Jakarta: Salemba Teknika.
Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Taufiq, Zulherman, Amelia T. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Secara Eksperimen dalam Memecahkan Masalah Fisika Calon Guru Fisika FKIP Universitas Sriwijaya.
Journal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri.
Taufiq. 2017. Eksperimen Berpikir (Thought Experiments);Beberapa Kasus dalam Hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sriwijaya