• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • PENGEMBANGAN BUKU AJAR UNTUK MATA KULIAH MEKANIKA LANJUTAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA PALEMBANG | Lefudin | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENGEMBANGAN BUKU AJAR UNTUK MATA KULIAH MEKANIKA LANJUTAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA PALEMBANG

    Lefudin Lefudin

    Abstract


    Tujuan penelitian ini mengembangkan buku ajar Mekanika Lanjutan yang valid, praktikal, dan efektif untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Pengembangan (Development Research) modifikasi model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Tessmer. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap analisis kebutuhan meliputi analisis materi, analisis buku-buku teks mekanika lanjutan, meninjau literatur tentang pembelajaran buku ajar, wawancara dengan teman sejawat dalam hal ini wawancara dengan dosen penanggung jawab mata kuliah, dan mempelajari karakteristik mahasiswa. Berdasarkan analisis kebutuhan diperoleh prototipe buku ajar Mekanika Lanjutan yang selanjutnya dikonsultasikan pada pakar. Prototipe ini selanjutnya divalidasi oleh pakar yang terdiri dari pakar konstruk dan isi dua dari Universitas Sriwijaya Palembang dan Universitas PGRI Palembang. Kegiatan pada tahap praktikalitas diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas PGRI Palembang semester enam. Efektivitas diperoleh adalah hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) buku ajar Mekanika Lanjutan yang dirancang sudah valid; 2) Penggunaan buku ajar Mekanika Lanjutan sudah paraktis, dan 3) Buku ajar Mekanika Lanjutan yang dirancang sudah efektif hal ini tampak pada hasil belajar mahasiswa yang tinggi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan buku ajar mekanika lanjutan yang dikembangkan.


    Keywords


    buku ajar, mekanika lanjutan, program studi pendidikan fisika

    References


    Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69

    Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

    Pendidikan. Jakarta: Kencana.

    Santyasa. (2008). Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah bagi siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual bersetting Investigasi Kelompok. Undiksha Singaraja.

    Suastra, I. W. (2004). Belajar dan Pembelajaran Sains. Buku Ajar. Singaraja: IKIP Singaraja.

    Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Tessmer, M. (1993). Planing and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5776

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2018 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats