EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

Fitri Mardotilah, Sardianto MS, Abidin Pasaribu, Saparini Saparini

Abstract


Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untukmengetahui hasil belajar fisika siswa SMA N 20 Palembang yang memiliki potensi kearifan lokal yang sama seperti daerah Indralaya Selatan dengan menerapkan pembelajaran fisika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Kearifan Lokal. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif-Kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan angka-angka. Metode ini digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian yakni untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar fisika siswa kelas X melalui penerapan pembelajaran fisika menggunakan LKS berbasis kearifan lokal. Penelitian bermaksud untuk menggambarkan hasil penerapan pembelajaran fisika yang dideskripsikan dari aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar fisika siswa dan dengan memberikan Lembar Kerja Siswa tersebut. Apakah LKS efektif digunakan pada daerah yang berbeda dengan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah tersebut sama. Penilaian menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis kearifan lokal yang dipilih dan disesuaikan dengan tujuan. Variabel penelitian ini adalah hasil belajarsiswa kelas X pada konten pengetahuan fisika materi kalor dan perpindahannya. Sampel penelitian yaitu kelas X.6 yang berjumlah 34 siswa.Teknik pengumpulan data melalui tes dan wawancara. Data hasil tes akan diolah sesuai dengan teknik yang dilakukan komponen penilaian LKS. Data yang telah diolah akan dideskripsikan dan dihubungkan dengan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data, analisis dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti selama berlangsungnya penelitian dapat dikemukakan beberapa kesimpulan yaitu: (1) Pembelajaran fisika menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kearifan lokal efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 20 Palembang. Hasil posttest siswa secara klasikal menunjukan 75% mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70; (2) Hasil rata-rata N-gain menunjukkan bahwa kelas X.6 memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0.606. Nilai tersebut di interpretasikan dalam kriteria N-gain, dan diperoleh informasi bahwa N-gain kelas tersebut dalam kategori sedang.


Keywords


lembar kerja siswa, kearifan lokal, hasil belajar, lembar kerja siswa berdasarkan kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References


Albab, Nourma M. 2014. Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Hukum Newton untuk Siswa SMA N 1 Sentolo Kelas X Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Damayanti, Cristian., Novi R. Dewi, dan Isa Akhlis. 2013. Pengembangan CD Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Getaran dan Gelombang untuk Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 2(2): 274-281.

Muqoyyanah,dkk. 2010. Efektivitas dan Efisiensi Model Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated dalam Pembelajaran Tema Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Universitas Negeri Semarang. http//journal.unnes.ac.id/sju/indeks.php/.pdf. diakses 16 februari 2016

Permana, Raden C.E., Isman P. Nasution, dan Jajang G. 2011. Kearifan Lokal Tentang Mitigasi Bencana pada Masyarakat Baduy. Jurnal Makara, Sosial Humaniora, 15(1): 67-76.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Selvianti, dkk. 2013. Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam).

Jurnal Pendidikan FMIPA Kimia Universitas Negeri Makassar.

http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/download/260/pdf_50. diakses 16 februari 2016.

Suastra, I W., Ketut Tika, dan Nengah Kariasa. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal di SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3): 258-273.

Suastra, I W, dan Luh P.B. Yasmini. 2013. Model Pembelajaran Fisika untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2): 221-235.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wagiran. 2011. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 3(3): 85-100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 Logo IPI  

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats