PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG

Rotua Ratna Sari, Fuad Abd. Rachman, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang melatih keterampilan proses sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian seluruh kelas X SMA Negeri 8 Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data tes menggunakan teknik uji-t dan data observasi menggunakan analisis data statistik deskriptif (rata-rata). Berdasarkan hasil analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 81,30, sedangkan kelas kontrol 76,27. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yakni 3,57 > 1.667. Analisis data observasi diperoleh skor rata-rata keseluruhan keterampilan proses sains siswa sebesar 2,70 dengan kategori tinggi (dalam rentang 1-4). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 8 Palembang.

Keywords


Group Investigation, Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains.

References


Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Students' scientific creativity, science attitudes and academic achievements. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching Volume 9 Issue 1 Article 4 , 1.

Anam, K. (2016). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran InSTAD terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , 202-211.

Handayani, D. D., Indrawati, & Subiki. (2016). Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam Pembelajaran Gelombang di SMA/MA. Seminar Nasional Pendidikan 2016 , 93.

Indrawati, Sutarto, Mahardika, I., Haryanto, A., & Wicaksono, I. (2017). The Impact of GI-GI Model on the Ability of Developing Lesson Plan and PCK of Physics Prospective Teacher Undergraduate Students. International Journal of Research in Humanities and Social Studies , 6-15.

Siregar, H. D., & Motlan. (2016). Pengaruh Model Pembejajaran Kooperatif Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika , 52.

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif dan Psikomotor Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Ulfah, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Keterampilan Proses Sains pada Materi Koloid di SMA. Artikel Penelitian,4.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i2.7309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats