PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH GELOMBANG BERBASIS STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

Sudirman Sudirman, Kistiono Kistiono, Taufiq Taufiq

Abstract


Telah dihasilkan modul mata kuliah Gelombang berbasis STEM yang telah dilakukan dan diujicobakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika angkatan 2016 Universitas Sriwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul mata kuliah Gelombang berbasis STEM yang valid dan praktis. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan produk oleh Rowntree dan pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan modul ini dinilai oleh ahli dari tiga aspek yakni aspek isi (content), aspek desain dan aspek bahasa. Hasil validasi dari ahlidiperoleh rata-rata 87,5 dengan katogori valid. Untuk aspek kepraktisan modul diperoleh melalui angket pada one to one evalution dan small group evalution dengan nilai rata-rata 86,75 dengan kategori praktis.

Keywords


penelitian pengembangan, modul, STEM, Gelombang.

References


Afriana, J. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2): 202-212.

Andrianti, Y., dkk. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra. 5(9): 58-68.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekaatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arlitasari, O., dkk. (2013). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 81-89.

Chodijah, S., dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Fortofolio pada Materi Gerak Melingkar. 1: 1-19.

Devan, J. (2016). Cities: Key Concepts and an Analytical Framework. Disajikan dalam Pertemuan Dewan Forum Ekonomi Dunia membahas Daya Saing, Juni 2016, Switzerland.

Dewi, H.R., dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Inkuiri Terbimbing Berbasis STEM. Disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Fisika III, 15 Juli 2017. FKIP Universitas PGRI Madiun.

Firman, H. (2016). Pendidikan STEM Sebagai Kerangka Inovasi Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya, 17 September 2016. FMIPA Universitas Negeri Surabaya.

Firman, H. (2015). Pedidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, dan Peranan Riset Pascasarjana. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus 2015. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kaniawati, D.S., dkk. (2015). Study Literasi Pengaruh Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Fisika, 21 November 2015. UPI Bandung.

Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM Education trhough Project-Based Learning. New York: Learning.com.

LaForce, M., dkk. (2016). The Eight Essential Elements of Inclusive STEM High Schools. International Journal of STEM Education. 3(21): 1-11.

Mustafa, N., dkk. (2016). A Meta-Analysis on Effective Strategies for Integrated STEM Education. Advanced Science Letters. 22(12): 4225-4228.

Pemanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 22 Oktober 2016. Surakarta.

Pertiwi, R.S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis. Tesis. FKIP Universitas Lampung.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Pribadi, B.A. & Sjarif, E. (2010). Pendekatan Konstruktivistik dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 11(2): 117-128.

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rahmiza, S., dkk. (2015). Pengembangan LKS STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Negeri

Beutong pada Materi Induksi Elektromagnetik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.3(1):1-9.

Scoot, C. (2012). An Investigation od Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Focused High Scools in the U.S. Journal of STEM Education. 13(5): 30-39.

Septiani, E.T. (2014). Penggunaan Bahan Ajar Leaflet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Gerak Manusia Kelas VIII SMPN 22 Bandar Lampung. Digital Repository UNILA.

Sholikhakh, R.A., dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Beracuan Konstruktivisme dalam Kemasan CD Interaktif Kelas VIII Materi Geometri dan Pengukuran. Unnes Journal of Research Mathematics Education. 1(1): 13-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 Logo IPI  

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats