• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG | yanto | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG

    Andri yanto, Nely Andriani

    Abstract


    Penelitian Tindakan Kelas telah berhasil di kelas XI 8 SMA Negeri 1 Palembang dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke, dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I membahas materi elastisitas bahan, siklus II membahas hukum Hooke. Tehnik pengumpulan data tehnik nontes.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Ativitas yang diobservasi adalah aktivitas positif dan aktivitas negatif siswa. Tehnik analisa menggunakan persentase dan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif 46,5 % pada siklus I menjadi 69,5 % pada siklus II. Aktivitas negatif menurun dari 28% pada siklus I menjadi 16,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis maslah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI 8 SMAN 1 Palembang.

    Keywords


    Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah. Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah

    References


    Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach ( Belajar untuk Mengajar) Edisi kesembilan Buku II. Alih Bahasa oleh Made Frida Yulia. Jakarta : Salemba Humaika .

    Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

    Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69.

    Hendarto, 2001. Beberapa Model Pengajaran dan Strategi Belajar Dalan IPA. Jakarta : Reneka Cipta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum, Mata Pelajaran IPA SMP/Mts. Jakarta.

    Lie, Anita, 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Usaha Kita

    Mohamad Nur, 2001,Penelitian Tindakan Kelas, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

    Nasution, S. 1997. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

    Nur, Muhammad, 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unessa Pers

    PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), 2012, Modul Model-model Pembelajaran, Penilaian, media dan RPP, Universitas Sriwijaya, Palembang

    Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

    Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

    Semiawan, Conni. 2000. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.

    Slameto, 1999. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga : Rineka Cipta

    Zainal, Aqib, 2010, Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Insan Cendikia. Surabaya.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i2.7312

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats