PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG

Andri yanto, Nely Andriani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas telah berhasil di kelas XI 8 SMA Negeri 1 Palembang dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke, dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I membahas materi elastisitas bahan, siklus II membahas hukum Hooke. Tehnik pengumpulan data tehnik nontes.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Ativitas yang diobservasi adalah aktivitas positif dan aktivitas negatif siswa. Tehnik analisa menggunakan persentase dan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif 46,5 % pada siklus I menjadi 69,5 % pada siklus II. Aktivitas negatif menurun dari 28% pada siklus I menjadi 16,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis maslah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI 8 SMAN 1 Palembang.

Keywords


Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah. Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program of Physics Education
Faculty of Teacher Training and Education
Sriwijaya University, Palembang, Indonesia
Kampus FKIP Bukit Besar
Jl. Srijaya Negara, Bukit Besar
Palembang - 30139 Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 


Indexed in:

     `