PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI IPA 8 SMAN 1 PALEMBANG

Andri yanto, Nely Andriani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas telah berhasil di kelas XI 8 SMA Negeri 1 Palembang dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke, dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Masalah penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus I membahas materi elastisitas bahan, siklus II membahas hukum Hooke. Tehnik pengumpulan data tehnik nontes.Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Ativitas yang diobservasi adalah aktivitas positif dan aktivitas negatif siswa. Tehnik analisa menggunakan persentase dan kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas positif 46,5 % pada siklus I menjadi 69,5 % pada siklus II. Aktivitas negatif menurun dari 28% pada siklus I menjadi 16,5% pada siklus II. Dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis maslah dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI 8 SMAN 1 Palembang.

Keywords


Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah. Aktivitas positif , aktivitas negatif,, Pembelajaran Berbasis Masalah

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach ( Belajar untuk Mengajar) Edisi kesembilan Buku II. Alih Bahasa oleh Made Frida Yulia. Jakarta : Salemba Humaika .

Ariska, Melly., Utilization of physics computation based on maple in determining the dynamics of tippe top. Journal of Physics: Conference Series 1166 (1), 012009 DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

Ariska, Melly. Penyelesaian Dinamika Pesawat Atwood Dengan Persamaan Eular-Lagrange Sebagai Alternatif Persamaan Newton Pada Fisika Sma. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 6(1) :62-69.

Hendarto, 2001. Beberapa Model Pengajaran dan Strategi Belajar Dalan IPA. Jakarta : Reneka Cipta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013, Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum, Mata Pelajaran IPA SMP/Mts. Jakarta.

Lie, Anita, 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Usaha Kita

Mohamad Nur, 2001,Penelitian Tindakan Kelas, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Nasution, S. 1997. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nur, Muhammad, 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unessa Pers

PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru), 2012, Modul Model-model Pembelajaran, Penilaian, media dan RPP, Universitas Sriwijaya, Palembang

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Semiawan, Conni. 2000. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta. Gramedia.

Slameto, 1999. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga : Rineka Cipta

Zainal, Aqib, 2010, Profesional Guru Dalam Pembelajaran. Insan Cendikia. Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v5i2.7312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats