PENDAMPINGAN PEMBUATAN ALAT PERAGA IPA SEDERHANA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENCIPTAKAN KARYA INOVATIF BAGI GURU- GURU IPA SMP SE-KOTA LUBUKLINGGAU

Ida Sriyanti, Sardianto MS, Muhammad Muslim, Melly Ariska

Abstract


Alat peraga merupakan salah satu komponen dalam proses mengajar yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memvisualisasikan konsep abstrak yang sedang diajarkan menjadi lebih nyata. Dengan adanya alat peraga memungkinkan adanya transfer belajar yang baik karena dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, sehingga peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil wawancara Dinas Pendidikan kota Lubuklinggau diperoleh informasi bahwa guru-guru yang mengajar IPA SMP se-kota Lubuklinggau dalam proses pembelajaran tidak banyak yang menggunakan alat peraga. Hal ini dikarenakan guru-guru tersebut belum memiliki kemampuan yang cukup jika alat peraga yang tersedia di sekolah memiliki teknologi yang tinggi serta adanya kesulitan untuk merancang dan membuat alat peraga IPA sederhana yang lebih inovatif yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah (alam). Dari masalah yang ada maka guru-guru IPA SMP se-kota Lubuklinggau menyadari kekurangan mereka. Melalui Tim MGMP IPA SMP kota Lubuklinggau meminta bantuan kepada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijiya untuk memberi pelatihan atau informasi mengenai pembuatan alat peraga IPA sederhana sehingga guru dapat menghasilkan karya yang inovatif. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Lubuklinggau dengan peserta adalah anggota MGMP IPA SMP Lubuklinggau.

Keywords


Alat Peraga, Karya Inovasi, Guru IPA

References


Ariska, Melly. Utilization of Maple-based Physics Computation in Determining the Dynamics of Tippe Top. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. 2018; 8(2) :15-123.DOI: 10.26740/jpfa.v8n2.p115-123

Ariska, Melly. Analisis Momen Inersia Tippe Top Di Bidang Datar Sebagai Kontribusi Pada Mata Kuliah Mekanika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 2018; 5(2) :181-186.

Dick, Walter, Carey, Lou, and James O. Carey. 2001. The Systematic Design of Instruction, (5 th ed). New York: Longman

Hartati, B. 2010. Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1): 128-132.

Lestari, Linda Puji. 2006. Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Alat Peraga dan LKS. http:digilib.unnes.ac.id.skripsi/archives/doc.pdf. 10 Maret 2011

Rosmawati, Sri Elniati, dan Dewi Murni.”Kemampuan Pemecahan Masalah dan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Problem Solving.” Jurnal Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2012): h. 80.

Sriyanti I, Edikresnha D, Rahma A, Munir MM, Rachmawati H, Khairurrijal K. (2017b). Correlation between Structures and Antioxidant Activities of Polyvinylpyrrolidone/Garcinia mangostana L. Extract Composite Nanofiber Mats Prepared Using Electrospinning. Journal of Nanomaterials. 2017.

Sudjana, Nana . Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rodakarya, 2009.

Sumartini, Tina Sri. ”Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Jurnal Pendidikan fisika 8, no 3 (2016): h. 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 Logo IPI  

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats