• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • ANALISIS MISKONSEPSI SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA | Febrianti | Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika

    ANALISIS MISKONSEPSI SUHU DAN KALOR PADA SISWA SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA

    Juwita Febrianti, Hamdi Akhsan, Muhammad Muslim

    Abstract


    Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis miskonsepsi suhu dan kalor pada siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Penelitian ini dilakukan pada 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen Thermal and Transport Concept Inventory (TTCI) berbasis representasi grafik berupa soal pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 15 butir soal. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI) termodifikasi dengan skala 0-5.  Hasil penelitian didapatkan 1) rata-rata pemahaman konsep siswa SMANegeri3 Tanjung Raja dengan kategori paham konsep adalah sebesar 5,92%, paham konsep tetapi tidak yakin sebesar 0,89%, siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar 57,85%, dan siswa yang tidak paham konsep sebesar 35,34%, 2) siswa mengalami miskonsepsi pada seluruh konsep yang diujikan yaitu  53,13%pada konsep pemuaian zat, 47,92%pada konsep perubahanpertambahan panjang terhadap perubahan suhu,  60,94%pada konsep sifat anomali air, 53,13%pada konsep perubahan fase,  50,00%pada konsep laju masukan panas terhadap perubahan suhu,  71,88%pada konsep suhu yang dibagi sama rata dan  67,97%pada konsep hubungankapasitas kalor dengan perubahan suhu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang miskonsepsi suhu dan kalor yang terjadi pada siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja.


    Keywords


    Pemahaman konsep, Miskonsepsi, CRI, Suhu dan kalor

    References


    Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Mengembangkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(2): 97–102.

    Hakim, A., Liliasari., Kadarohman, A. (2012). Student Concept Understanding of National Products Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences. 4(3):544-553.

    Hermansyah, H., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Kalor Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 249-256.

    Hidayati, F. N., Akhsan, H., & Syuhendri, S. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Di SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. 3(2): 1–9.

    Mahmudah, R. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik pada Konsep Suhu dan Kalor dengan Menggunakan Peta Konsep dan Wawancara. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

    Nur’aini, S. (2014). Pengembangan Instrumen Tes TTCI (Thermal and Transport Concept Inventory) Berbasis Representasi Grafik dengan CRI (Certainty of Response Index) untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor.Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

    Pujianto, A., Nurjannah, & Darmadi, I. W. (2013). Analisis Konsepsi Siswa Pada Konsep Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 1(1): 16–21.

    Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. In Exacta. 10(_): 1–10.

    Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation Dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5(1): 53–60.

    Sasmita, P. R. (2017). Penerapan metode inkuiri terbimbing menggunakan media kit fisika: upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6(1): 95–102.

    Susiharti, & Ismet. (2017). Studi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Vektor di SMA Negeri 1 Inderalaya. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika. 4(1): 99–105.

    Syuhendri., Aprilia, S.,& Nely A. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. 159-169.

    Syuhendri, S. (2017). Pengembangan Teks Perubahan Kontekstual (TPK) untuk Pengajaran Perubahan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional IPA 2017. _(_): 682-691.

    Yolanda, R., Syuhendri, S., & Andriani, A. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Siswasma Negeri Sekecamatan Ilir Barat I Palembang Pada Materi Suhu Dan Kalor Dengan Instrumen TTCI dan CRI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. _(_): 1-13.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7819

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
    Program Sarjana Pendidikan Fisika
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
    Ogan Ilir, Indonesia
    email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

    p-ISSN: 2355-7109
    e-ISSN : 2657-0971

    Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

     

    Indexed in:

     

    Recommended Tools :

      

     


    Flag CounterView My Stats