PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL MATERI TATA SURYA DAN FASE BULAN MATA KULIAH IPBA

Dila Badiro, Syuhendri Syuhendri, Apit Fathurohman

Abstract


Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual materi tata surya dan fase bulan mata kuliah IPBA yang valid dan praktis. Pengembangan media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual materi tata surya dan fase bulan mata kuliah IPBA ini mengadaptasi model pengembangan dari Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari 5 tahap yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation dan field test. Pengujian media pembelajaran hanya untuk melihat kevalidan dan kepraktisan, sehingga tahap field test tidak dilaksanakan. Teknik pengumpulan data melalui walkthrough dan angket. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2016 kelas indralaya yang dimana dalam hal ini diambil 3 siswa pada tahap one-to-one evaluation dan 9 mahasiswa pada tahap small group evaluation. Berdasarkan hasil yang didapat dari penelitian tersebut, didapati bahwa : (1) Hasil dari analisis data pada tahap Expert Review diperoleh rata-rata penilaian dari para ahli sebesar 93,25% dengan kriteria sangat valid; (2) Hasil dari analisis data one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran sebesar 90,81% dengan kriteria sangat praktis dan pada tahap small group evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran sebesar 81,75% dengan kriteria praktis.


Keywords


Media Pembelajaran, Teori Perubahan Konseptual, Tata Surya dan Fase Bulan

Full Text:

PDF

References


Agustian, N.O., Asrizal, dan Kamus, Z. (2013). Pembuatan Bahan Ajar Fisika berbasis Web pada Konsep Termodinamika Untuk Pembelajaran Menurut Standar Proses Siswa Kelas XI SMA. Pillar Of Physics Education. 2(1) : 09-16.

Aminoto, T. dan Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology UntukMeningkatkanAktivitas dan Hasil BelajarMateri Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. JurnalSainmatika. 8(1) : 13-29.

Amri, I., Syuhendri, S., dan Wiyono, K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Untuk Mata KuliahPendahuluanFisika Inti. JurnalInovasi dan PembelajaranFisika. 2(1) :25-35.

Caroline, S. N., Syuhendri, S, dan Wiyono, K. (2018). EfektivitasTeksPerubahanKonseptualDinamikaDalamMeningkatkanPemahamanKonsepDinamiksaSiswa SMA. JurnalInovasi dan PembelajaranFisika. 5(1) : 64 – 71.

Listyorini, Tri dan Widodo, Anteng. (2013). Perancangan Mobile learning Mata KuliahSistemOperasiBerbasis Android. Jurnal SIMETRIS. Vol 3(1) 25-30.

Posner, G.J., Strike, K.A., Hewson, P.W., dan Gerzog, W.A. (1982). Accomodation Of A Scientific Conception: Toward A Theory Of Cenceptual Change. http://tltjc.blogspot.co.id/2013/05/posnertowardtheoryof-conceptual.html. Diakses pada 10 September 2018

Syuhendri, S. (2010). Pembelajaran Perubahan Konseptual : Pilihan Penulisan Skripsi Mahasiswa. Forum MIPA FKIP Universitas Sriwijaya. Vol 13(2) : 133 – 140.

Syuhendri, S. (2014) Konsepsi Alternatif Mahasiswa Mahasiswa pada Ranah Mekanika: Analisis Untuk Konsep Impetus dan Kecepatan Benda Jatuh. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1): 133-140.

Syuhendri, S. (2017). A learning Process Based On Conceptual Change Approach to Foster Conceptual Change in Newtonian Mechanics. Journal of Baltic Education. 16 (2):228-240.

Trundle, K.C., Atwood, R.K., & Christopher, J.E. (2002). Preservise Elemntary Tearcher’s Conceptions of Moon Phases Before And After Intruction. Journal Of Reseach In Science Teaching. Vol 39(7) : 633 – 658.

Yuniarti, L. (2012). Pengembangan media pembelajaran mobile learning efek doppler sebagai alat bantu dalam pembelajaran fisika yang menyenangkan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 2(2) : 92-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

   

Recommended Tools :

  

 

SUPPORTED BY

Hasil gambar untuk lambang physical society indonesia


Flag CounterView My Stats