CAPAIAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI

Evelina Astra Patriot

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran capaian kemampuan multipresentasi siswa pada materi usaha dan energi melalui penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIA 1 di salah satu SMA Negeri Sumedang. Penelitian ini menggunakan perangkat instrumen tes multirepresentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pencapaian kemampuan multirepresentasi yang optimal. Sedangkan persentase terbesar capaian KKI berdasarkan hasil tes uraian sebesar 100% yaitu mentranslasi representasi gambar menjadi representasi diagram batang energi. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan pembelajaran konseptual interaktif dengan pendekatan multirepresentasi dapat mengoptimalkan capaian keterampilan komunikasi ilmiah khususnya kemampuan multirepresentasi siswa pada materi usaha dan energi.


Keywords


Pembelajaran konseptual interaktif; Pendekatan multirepresentasi; Kemampuan multirepresentasi; Usaha dan Energi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9880

Refbacks



Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats