PROFIL GURU IPA SMP KOTA PALEMBANG DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Leni - Marlina, Ida Sriyanti, Muhamad Yusup

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian studi pendahuluan terhadap guru  IPA SMP  pada salah satu MGMP di Kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah meengetahui gambaran awal  guru IPA SMP dalam menyusun perangkat pembelajaran pada materi Fisika berbasis keterampilan berpikir kritis. Subjek penelitian adalah 26 orang guru IPA SMP Kota Palembang yang diambil secara purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil angket analisis kebutuhan terhadap guru IPA SMP sebanyak 96% menyatakan telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sedangkan 4% belum melaksanakan Kurikulum 2013. Guru IPA yang menyatakan tidak pernah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan bahan ajar) berbasis keterampilan berpikir kritis sebanyak 62% sedangkan 38% menyatakan pernah. Dari hasil kegiatan pelatihan yang telah dilakukan didapatkan hasil pretest dengan nilai rata-rata 53.33 dan  posttest diperoleh nilai rata-rata 79.17. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai sebelum dan setelah diberikan perlakuan yang berarti adanya peningkatan hasil pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan.

Kata Kunci: Profil, penyusunan perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis


Keywords


Kata Kunci: Profil, penyusunan perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Bailin, S. (2002). Critical Thinking And Science Education. Science & Education 11, 361-375.

Basham, G. Irwin, W. Nardone, H. Wallace, J.M. (2011). Critical Thinking a Student Instroduction Fourth Edition. New York: McGraw Hill Company.

Bransford, J. D. Brown, A. L. & Cocking, R. R. (2000). How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School (Expanded Ed). Washington, DC: The National Academies Press.

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus Media.

Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66, 64-74.

Hake, R.R. (2002). Relationship of Individual Students Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Submitted to the Physics Education Research Conference; Boise, Idaho; August 2002. [online]. http://www.arxiv.org & http://www.physics.indiana.edu/-hake.

Hanuscin, D. L. & Lee, E.J. (2009). Helping Students Understand the Nature of Science. Science and Children, 46 (7), 64-65.

Lederman, N.G. (1992). Students’ and Teachers’ Conception of the Nature of Science: A Review of the Research. Journal of Ressearch in Science Teaching, 29 (4), 331-359.

Liliasari. (2005). “Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia melalui Pendidikan Sains” (Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap IPA). Bandung: UPI.

McDermot, L.C. (1990). “A Perspective on teacher preparation in physic and other sciences: The need for special science Courses for teachers. American Journal Physics. 58, (8), 734-742.

Marlina, L., Liliasari, Tjasyono, B., & Hendayana, S. (2016). Profil Kemampuan Guru IPA SMP dalam Memahami Materi Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA). Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya. Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang, Jawa Timur. (Malang, 6 Agustus 2016). ISBN 978-602-71279-1-9.

Marlina, L., Liliasari, Tjasyono, B., & Hendayana, S. (2017). Profesionality of Junior High School (SMP) Science Teacher in Preparing Instructional Design of Earth and Space Science (IPBA). IOP Conf. Series: Journal of Physics: 812. Doi: 10.1088/1742-6596/812/1/012116.

National Research Council [NRC]. (1996). National Science Educational Standards. Washington DC: The National Academies Press.

National Science Teachers Association [NSTA]. (2003). Standards for Science Teacher Preparation. http://www.nsta.org/pdfs/NSTAstandards2003.pdf.

Pujani, N. M., Liliasari, Herdiwijaya, D. (2011). Pembekalan Keterampilan Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Calon Guru pada Bidang Astronomi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14 Mei 2011




DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v6i2.9913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika



Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Program Sarjana Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32 Indralaya
Ogan Ilir, Indonesia
email: jipf@fkip.unsri.ac.id.

p-ISSN: 2355-7109
e-ISSN : 2657-0971

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexed in:

 

Recommended Tools :

  

 


Flag CounterView My Stats