ANALISIS KEMAMPUAN SISWA BERHITUNGG PERMULAAN PADA MATERI PENJUMLAHAN MENGGUNAKAN SEMPOA

Dwi Cahaya Nurani, Ayu Fitriyanti Syawaliyah, Fahmi Surya Adikara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi permasalahan anak yang belum dapat menjumlahkan operasi penjumlahan dasar yang meliputi hasil dari penjumlahan puluhan, ratusan, dan ribuan di Sekolah Dasar (SD) tetapi belum dapat menjawab penjumlahan dasar. Maka, dipilihlah media sempoa untuk membantu proses pemahaman dasar operasi penjumlahan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah seorang siswi perempuan kelas 3A di SD Negeri 002 Palembang tahun ajaran 2022/2023 dengan inisial ANA. Data-data tersebut diperoleh dari wawancara, angket, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduction, data display kemudian conclusion drawing/verification. Sempoa yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis sempoa biasa yang nilai butir manik-maniknya kelipatan 10. Setiap baris manik memiliki 10 buah manik-manik sampai baris ke 10 dengan total seluruh manik-manik adalah 100 buah manik-manik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sempoa berkaitan erat dalam mengembangkan kemampuan berhitung dengan didukung oleh pengetahuan seorang anak atau siswa yang telah mengetahui nilai tempat dalam berhitung permulaan khususnya materi operasi penjumlahan.


Full Text:

PDF

References


Anugrahana, A. (2019). Pengembangan Modul Sempoa Sebagai Alternatif Dalam Mata Kuliah Inovatif Matematika. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 03,.

Aripen. (2021). Oleh: aripen nim. 1711240072. Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 12 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Hastari, R. N., & Supriansyah. (2022). Pengaruh Pendekatan Iceberg Berbantu Media Sempoa Terhadap Hasil Belajar pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 7345–7351. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3501

Nurfiyanti, D. (2019). Efektivitas Media Sempoa Dalam Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Borobudur [Universitas Muhammadiyah Magelang]. http://eprintslib.ummgl.ac.id/1406/2/15.0405.0004_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. 2(1).

Ray, A. V., Afni, S. M. N., Febianti, A. M., Sari, A. M., Avrinata, I. P., & Fu’adin, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Sempoa Dalam Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 131–145.

Romlah, M., Nina, K., & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensial, 1(2), 72–77.

Simin, F., & Jafar, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Isi Bacaan Melalui Pendekatan Komunikatif Pada Siswa Kelas IV di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 209. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.209-216.2018

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Surajiyo, Nasruddin, Fanira, N., & Paleni, H. (2021). Penggunaan Metode Structural Equation Modeling (SEM) Pada Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan serta dampaknya Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Insan. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(3), 715–734.

Syifa, F. M., & Simatupang, N. D. (2015). Penggunaan sempoa dalam pengembangan kemampuan berhitung permulaan anak. Penggunaan Sempoa Dalam Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak.

Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema Journal, 4(1), 58–66.

Zulvira, R., Neviyarni, & Irdamumi. (2021). Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5, 1846–1851.




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i2.21888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433