PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN SISWA PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH AN-NIZHAM KOTA JAMBI

M. Satria Budi, Syahrial Syahrial, Syahrial Syahrial, Atri Widowati, Atri Widowati

Abstract


Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan yang dilakukan di kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi pada saat proses pembelajaran tematik yang memperoleh hasil bahwa proses pembelajaran masih kurang optimal. Penelitian ini membahas tentang penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik tema 4 subtema 1 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada pembelajaran tematik tema 4 subtema 1 dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran siswa pada siklus I dengan rata-rata sebesar 65,48%, meningkat menjadi 85,66% pada siklus II. Artinya tindakan yang dilakukan pada siklus II dalam upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran telah mencukupi target dan mencapai kriteria ketuntasan ?75%.


Keywords


Project Based Learning (PjBL), pembelajaran tematik, proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Devi, Swastantika Kumala, dkk. (2019). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2. No.1 (Januari): 55-65.

Hanida, T. (2016). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tematik Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 05, No. 01 (Januari): 3-13.

Hikmah, Milhatul. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Pemrograman Dasar Siswa. Jurnal Teknodik. 24, no. 1 (Juni): 25-36.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah(MI).

Kusuma, I Gusti Ayu Jayanti dan Japa, I Gusti Ngurah. (2018). Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1, no. 1 (April): 29-38.

Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4, no. 01 (Juni): 27-44.

Octaviani, Srikandi. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. 9, no. 2 (Juli): 93-98.

Perwita, Litni Wani dan Indrawati, Tin. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 8, no. 5: 41-56.

Sari, Dyah Kartika, dkk. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Mengggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas 5 SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1, no. 1 (April): 334-339.

Sirait, Maruslin. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Discovery – Inkuiri dan Kontribusinya Terhadap Penguatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar.1, no. 2: 156-170.

Suwandayani, Beti Istanti. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, no.1 (Februari): 78-88.

Paizaluddin dan Ermalinda. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi, Christina Dewi, dkk, (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Media Mind Map untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Guru Kita (JGK), 2, no. 3 (Juni): 116-125




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433