MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SEKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS 6 SD DALAM UPAYA PENCEGAHAN PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP ANAK

Irsyaad Akbar Syaputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media video pembelajaran pendidikan seks dengan judul ‘Sang Penina’ yang dapat digunakan kepada siswa kelas 6 tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan kepada siswa kelas 6 di SDN Cibungkul dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil dari validasi akhir ahli materi yaitu sebesar 84%. Hasil validasi ahli bahasa yaitu sebesar 93%. Hasil validasi ahli media yaitu sebesar 95% dan hasil validasi praktisi pendidikan sekolah dasar yaitu sebesar 85% yang diakumulasikan mendapatkan kategori ‘Sangat Layak’. Sementara itu, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan skor rata-rata 72,91 atau 72,91% dengan kategori kelayakan ‘Layak’ dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor rata-rata 85 atau 85% dengan kategori kelayakan ‘Sangat Layak’. Hal ini menunjukan bahwa media video pembelajaran pendidikan seks dengan judul ‘Sang Penina’ sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran untuk memberikan pemahaman terkait seks kepada siswa kelas 6 SD. Berdasarkan hasil Pretest & Posttest terjadi perubahan yang signifikan, rata-rata hasil pretest yaitu 69, sedangkan rata-rata dari hasil Posttest yaitu 98,6.


Keywords


Pendidikan Seks, Research and Development, Media Video Pembelajaran, Sang Penina

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Artaria, M. D. (2012). Efek Pelecehan Seksual di Kampus: Studi Preliminer. Surabaya: FISIP Universitas Airlangga. Jurnal.

Borg. W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

BW, Dziech. and L, Weiner. (1990). The Lecherous Professor: Sexual Harassment on Campus. Urbana and Chicago. University of Illinois Press.

Damayanti, R., Hawa, S., & Hasmalena, H. (2018). PEMAHAMAN SISWA KELAS III PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELILING LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA KONKRET DI SD NEGERI 2 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2).

European Expert Group on Sexuality Education. (2016). Sexuality education–what is it?. Sex Education, 16(4), 427-431.

Farley, L. 1978. Sexual Shakedown: The Sexual Harassment of Women on The Job. New York: McGraw Hill.

Kinasih, S. E. (2007). Perlindungan dan Penegakan HAM terhadap Pelecehan Seksual. Jurnal Universitas Airlangga.

Kurniawan, Sindu. B. (2016). Sikap Mahasiswa terhadap Pelecehan Seksual. Malang: FP Universitas Muhammadiyah Malang. Skripsi.

Mahadewi, Luh Putu Putrini., dkk. 2012. Media Video Pembelajaran. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Mohammad Fahmi, N. (14 Januari 2022). Literasi Digital untuk Indonesia Bebas Kekerasan Seksual. Radar Tasikmalaya, hal. 10

Mutiarani, Wilhar. (2020). Resiliensi Korban Pelecehan Seksual. Kendari: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Kendari. Skripsi. Diunduh pada tanggal 23 Desember 2021 pukul 20:32 WIB http://digilib.iainkendari.ac.id/2706/3/BAB%202.pdf

Munthe, A. L., Toybah, T., & Usman, N. (2018). PEMAHAMAN SISWA PADA UNSUR DAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM DI KELAS III SDN 11 INDRALAYA. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2).

Nuari, N. A. (2016). Analisis Peilaku Pencegahan Child Sexual Abuse oleh Orang Tua Pada Anak Usia Sekolah (Analysis Of Child Sexual Abuse Prevention Behavior By Parents In School Age Children). Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1), 1–8.

Hendrawan, Budi, dkk. (2020). (Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di

Sekolah Dasar. Tasikmalaya: 2020

Hukama, M. (2017). MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 149 PALEMBANG. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 4(1).

Pakasi, D. T. (2013). Antara kebutuhan dan tabu: pendidikan seksualitas dan kesehatan reproduksi bagi remaja di SMA. Depok: FISIP Universitas Indonesia.

Pramuaji, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada materi pengenalan Corel Draw sebagai sarana pembelajaran desain grafis di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 183-189.

Rusman, Kurniawan, D. & Riyana, C. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Raja Grafindo

RF, Ratnasari, dan M, Alias. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Khatulistiwa. Jurnal.

Siregar, Syofian. (2015) . Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA

Sundayana, R. (2014). Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhandang, K. (2004). Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, dan Kode Etik. Bandung: Nuansa.

Triwijati, N. E. (2007). Pelecehan Seksual: Tinjauan Psikologis. Masyarakat, Kebudayaan Dan Politik, 4, 303-306.

Wahyuni, H. (2016). Faktor Resiko Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Anak Korban Pelecehan Seksual. Khazanah Pendidikan, 10(1).

Wati, R. E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v9i2.18923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433