PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PEMBELAJARAN PENULISAN CERPEN KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 26 SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model PJBL pada pembelajaran Penulisan Cerpen Kelas VI pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, serta dokumentasi untuk menunjukan data yang diperoleh. Subjek penelitian adalah guru kelas, siswa kelas vi dan kepala sekolah SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Data berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PJBL pada pembelajaran penulisan cerpen kelas VI mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa. Tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis siswa, model pembelajaran dengan menggunakan PJBL mampu meningkatkan cara berfikir kritis dan kreatif siswa kelas VI khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PJBL pada pembelajaran penulisan cerpen Kelas VI mampu meningkatkan keterampilan menulis dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa khususnya pada pelajaran Bahasa Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budi, M. S., Syahrial., & Widowati, A. (2022). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Siswa pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah An-Nizham Kota Jambi. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 84-95. Doi https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17367
Nugrahani, Farida. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF (F. Nughrahani (ed.)).
Ginting, E. S. (2020). Penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) berbantuan media gambar untuk meningkatkan kemampuan Menulis Cerita Fantasi. Journal of Education Action Research, 4(2), 240-250. Doi http://dx.doi.org/10.23887/jear.v4i2.12334
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri publishing.
Hardani, Isriani dan Puspitasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep dan Implementasi. Familia.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Priyono, W. (2020). Pengertian Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). https://guraru.org/guru-berbagi/pengertian-pembelajaran-berbasis-proyek-project-based-learning/
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Balai Pustaka.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, E. (2012). Perilaku Tokoh dalam Cerita Pendek Indonesia. Universitas Lampung.
Tarigan, H. G. (2011). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara.
Yetra, T. (2020). Strategi Graphic Organizer What Happened dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Peserta Didik Kelas V Gugus I Kecamatan Padang Utara. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 19-28. Doi https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11620
Yusuf, M. H., Asnimar., & Effendy, U. (2018). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Peserta Didik Kelas VB SD Negeri 11 Indralaya. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2), 82-89. Doi https://doi.org/10.36706/jisd.v5i2.8262
DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.20053
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id