ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA AUGMANTED REALITY PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD PLUS IGM PALEMBANG

Siti Dewi Maharani, Siti Swasti Eka Dewie

Abstract


Teknologi yang berkembang secara dinamis telah menjadi alat untuk mempercepat masyarakat dalam mencari informasi di seluruh dunia. Augmanted Reality merupakan langkah besar dalam inovasi teknologi yang menyediakan layanan yang menyenangkan serta memberikan pengalaman dengan estetika. Tujuan penelitian untuk mengetahui kebutuhan peserta didik pada media pembelajaran berbasis Augmanted Reality. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas V di SD Plus IGM Palembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner, menyangkut dua indikator dengan hasil indikator kebutuhan sarana dan kecenderungan gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis Android dalam proses pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan Media Augmanted Reality berbasis objek 3D di kelas V SD Plus LTI IGM. Manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu mengetahui karakteristik dan kebutuhan peserta didik kelas V SD LTI IGM dalam pembelajaran materi system pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan pendekatan kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 67,2% peserta didik membutuhkan Media Pembelajaran yang interaktif dan digital untuk mensimulasikan objek yang akan di observasi dengan mengunakan Augmanted Reality. Kemudian 43% peserta didik belum memahami cara menulis teks laporan hasil observasi dan bahwa 100% guru membutuhkan sumber belajar interaktif dan untuk menguji efektifiitas meningkatkan hasil belajar peserta didik memperoleh dalam pelajaran tematik


Keywords


Augmated Reality, Digestive System, Media

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. N., Muhfahroyin, & Asih, T. (2021). Pengembangan E-Lkpd Disertai Komik Berbasis Guided Inquiry Di Sma Negeri 1 Sekampung. Bioedukasi, 12(2), 196–201. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4448

Arizki, D. Z., & Maharani, S. D. (2022). Tingkat Presentase Kendala Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri 1 Jebus Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17117

Barry, D. M., Kanematsu, H., & Fukumura, Y. (2010). Problem Based Learning In Metaverse.

Bourlakis, M., Papagiannidis, S., & Li, F. (2009). Retail spatial evolution: Paving the way from traditional to metaverse retailing. Electronic Commerce Research, 9(1–2), 135–148. https://doi.org/10.1007/s10660-009-9030-8

Eliati, T. A. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Self-Efficacy Peserta Didik. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education, 3(1), 2–19. https://doi.org/https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i1.148

Farizka, F., Yogica, R., & Fuadiyah, S. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Android Pada Materi Pembelajaran Sistem Gerak Manusia Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 01(2021), 1058–1065. https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/132

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1957–1970. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.718Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2017). Audio-Visual Media in Learning. 1–6.

Kasvili, W., Pulungan, M., & Usman, N. (2021). Perbandingan Media Pembelajaran Audiovisual Dari Youtube Pada Subtema Peredaran Darahku Sehat Kelas V Sd Negeri 100 Palembang (Vol. 8, Issue 1).

Kusumasari, A., Herdini, & Susilawati. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 6(1), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v6i1.15133

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turpin, H. N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesacenter, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510

Supardi, S., Widiastuti, A., & Saliman, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ips Terpadu Berbasis Audiovisual. Jipsindo, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4521

Tashakkori, A., & Creswell, J. W. (2007). Editorial: The New Era of Mixed Methods. Journal of Mixed Methods Research, 1(1), 3–7. https://doi.org/10.1177/2345678906293042

Teguh. (2020). MENJADI GURU SEKOLAH DASAR YANG INOVATIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Yang, Q., Zhao, Y., Huang, H., Xiong, Z., Kang, J., & Zheng, Z. (2022). Fusing Blockchain and AI With Metaverse: A Survey. IEEE Open Journal of the Computer Society, 3, 122–136. https://doi.org/10.1109/ojcs.2022.3188249

Y?lmaz Ko?ar, E., Halisdemir, N. Ö., Esin, -------------------------------I, & Ko?ar, Y. (2021). An Investigation of the Mediating Role of Various Variables in the Effect of Both Gender and Economic, Social and Cultural Status on Reading Literacy. International Journal of Progressive Education, 17, 2021. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.329.24




DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.21363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433