MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TIGA DIMENSI DI KELAS IV SDN 110/I TENAM

MOHAMAD MUSPAWI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 110 / I Muarabulian dengan menggunakan media gambar tiga dimensi. Dalam prakteknya, masih ada kesulitan guru yang berpengalaman, kesulitan dalam mengkondisikan suasana kegiatan kelompok, karena ada siswa yang tidak fokus pada proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, melalui prosedur penelitian, perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi, analisis dan refleksi. Untuk menganalisa rumus persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama persentase hasil belajar siswa sebesar 46% dalam kriteria penilaian cukup, siklus kedua menjadi 62,5% pada kriteria penilaian dan Siklus III sampai 83% dalam kriteria penilaian sangat baik. Kesimpulannya, bahwa penggunaan media gambar tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di mata pelajaran sains dalam tampilan material permukaan bumi. Maka disarankan dalam proses pembelajaran sains, terutama tampilan bahan permukaan bumi untuk menggunakan media gambar tiga dimensi yang meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: hasil belajar, perubahan kenampakan permukaan bumi, media gambar tiga dimensi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433