PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS III SD NEGERI 166 PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaranseni budaya dan keterampilan di kelas III SD Negeri 166 Palembang tahun ajaran 2016/2017. Mencakup perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran seni keterampilan di Kelas III SD Negeri 166 Palembang. Peneliti menggunakan design penelitan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIIB dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi (RPP guru dan rekaman video), wawancara dan observasi. Selama penelitian, peneliti merekam proses pembelajaran dan mengisi lembar observasi guru yang meliputi lembar penilaian perencanaan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah,guru kelas dan peserta didik mengenai pembelajaran SBK. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama 79 dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 81 yang termasuk dikategorikan baik.Telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah sehingga peserta didik dinyatakan tuntas. Evaluasi telah dilaksanakan oleh guru namun belum maksimal pada penilaian hasil karya siswa.
Kata kunci: Pembelajaran seni budaya dan keterampilan, seni keterampilan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)
Kampus Indralaya
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar
email: jisd@fkip.unsri.ac.id