PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS III SD NEGERI 166 PALEMBANG

Ariska Setiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaranseni budaya dan keterampi­lan di kelas III SD Negeri 166 Palembang tahun ajaran 2016/2017. Menca­kup perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan evaluasi pembelajar­an seni keterampilan di Kelas III SD Negeri 166 Palembang. Peneliti menggunakan design penelitan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunak­an adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIIB dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan mela­lui dokumentasi (RPP guru dan rekaman video), wawancara dan observasi. Se­lama penelitian, peneliti merekam proses pembelajaran dan mengisi lembar obser­vasi guru yang meliputi lembar penilaian perencanaan pembelajaran, dan pelaksana­an pembelajaran. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah,guru ke­las dan peserta didik mengenai pembelajaran SBK.  Berdasarkan nilai hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama 79 dan pertemuan kedua di­peroleh rata-rata 81 yang termasuk dikategorikan baik.Telah mencapai KKM ya­ng ditetapkan oleh sekolah sehingga peserta didik dinyatakan tuntas.  Evaluasi telah dilaksanakan oleh guru namun belum maksimal pada penilaian hasil karya siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran seni budaya dan keterampilan, seni keterampilan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jisd.v4i2.8342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Inovasi Sekolah Dasar



PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with HDPGSDI (Himpunan Dosen PGSD Indonesia)

Kampus Indralaya 
Jl. Palembang-Indralaya KM 32 Ogan Ilir
Kampus Palembang
Jl. Srijaya KM 5.5 Kelurahan Srijaya Kecamatan Alang-alang Lebar

email: jisd@fkip.unsri.ac.id


p-ISSN: 2355-7346

e-ISSN: 2685-6433