HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPATUHAN DIET ASUPAN CAIRAN PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS

Nurjana Rachmawati, Dian Wahyuni, Antarini Idriansari

Abstract


Tujuan: Untuk mengetahui hubungan dukungan informasional, penilaian, instrumental dan emosional terhadap kepatuhan diet asupan cairan pada pasien GGK yang menjalani hemodialisis.

 

Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian merupakan pasien GGK yang menjalani hemodialisis di RSI Siti Khadijah Palembang. Sampel diambil dengan metode non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 54 orang. Data diperoleh melalui kuesioner dan lembar observasi.

 

Hasil: Hasil analisis statistik didapatkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan informasional (p value= 0,665), dukungan penilaian (p value= 0,118), dukungan instrumental (p value= 0,184) dan dukungan emosional (p value= 0,983) terhadap kepatuhan diet asupan cairan.

 

Simpulan: Penelitian ini merekomendasikan agar keluarga dan tenaga kesehatan lebih aktif lagi dalam meningkatkan kepedulian pasien terhadap pentingnya mematuhi anjuran diet asupan cairannya.

 

Kata kunci: dukungan  informasional, dukungan  penilaian, dukungan instrumental, dukungan emosional,  kepatuhan diet asupan cairan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN : 2355-5459

E-ISSN : 2684-9712

Creative Commons License
Jurnal Keperawatan Sriwijaya by https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jk_sriwijaya/index is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.