Pelestarian Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya

Murzilla Murzilla

Abstract


Bahan pustaka adalah salah satu unsur penting dalam sebuah sistem perpustakaan. Nilai informasi yang dikandung didalam suatu bahan pustaka, serta harga bahan pustaka yang relative cukup mahal, mengharuskan perpustakaan melakukan upaya-upaya pelestarian. Upaya pelestarian bahan pustaka di perpustakaan tidak hanya dalam hal fisik, tetapi juga dalam hal informasi yang terkandung didalamnya. Agar bahan pustaka yang dimiliki dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, perlu suatu penanganan agar bahan pustaka terhindar dari kerusakan, atau setidaknya diperlambat proses kerusakannya, dan mempertahankan kandungan informasi itu yang sering disebut pelestarian bahan pustaka. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan bahan pustaka dan bagaimana mekanisme pelestarian bahan pustaka tersebut. Hasil yang didapat bahwa faktor penyebab kerusakan bahan pustaka adalah yang utama faktor manusia, biologi dan faktor penempatan koleksi. Pelestarian bahan pustaka yang ada pada UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya ada dua cara yaitu cara langsung dan cara tidak langsung. Secara langsung seperti kebersihan lingkungan, rak  dari debu-debu, menjaga kelembaban, dan lain-lain. Secara tidak langsung seperti memperbaiki kerusakan buku, menganti buku yang dihilangkan, merawat koleksi, reproduksi dan penyiangan. Menyimpan dan memelihara bahan pustaka harus dilakukan dalam kondisi yang baik, yang merupakan syarat terpenting untuk mencegah kerusakannya

Keywords


Bahan Pustaka, Pelestarian

Full Text:

PDF

References


H Subagya, Dikutip dari Laporan Akhir Restina Anjar Wati “Tugas Akhir Pengaruh Persepsi Pengadaan dan Pelestarian Koleksi Bahan Pustaka Terhadap Minat Baca Mahasiswa Di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret,” Universitas Sebelas Maret, 1999.

Y.S. P.M. Yusuf., Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Kencana, Jakarta, 2013.

Daryono, Pelestarian Bahan Pusaka di Perpustakaan, Makalah. (2009). http://daryono.staff.uns.ac.id (accessed March 10, 2014).

Karmidi Martoatmodjo, Pelestarian Bahan Pustaka, Universitas Terbuka, Jakarta, Indonesia, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University