• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Penerapan Customer Relationship Management di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat | Rahmah | Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca

    Penerapan Customer Relationship Management di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat

    Elva Rahmah, Desriyeni Desriyeni, Marlini Marlini

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan Customer Relatinonship Management (CRM) di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat memahami penggunanya dengan membuat profil pengguna, (2) Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat mengembangkan layanan berbasis web site, membangun koleksi digital, sebagai pelengkap koleksi tercetak yang dimiliki perpustakaan, (3) Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat berinteraksi dengan pengguna melalui tatap muka dan media, (4) cara perpustakaan meraih pengguna melalui promosi dengan cara perpustakaan menawarkan produk dan jasa layanan yang beraneka ragam, sedangkan cara perpustakaan mempertahankan pengguna memberikan kemudahan pendaftaran anggota, kemudahan dalam memperoleh informasi dan kemudahan dalam prosedur peminjaman dan pengembalian bahan pustaka dan kemudahan dalam pelayanan informasi lainnya.

    Keywords


    Customer Relationship Management, Layanan Perpustakaan

    Full Text:

    PDF

    References


    S. Basuki, Pengantar ilmu perpustakaan, Gramedia Pustaka Utama, 1991. https://books.google.co.id/books?id=3GeZAAAACAAJ.

    F. Buttle, Customer Relationship Management: Concepts and Tools, Elsevier Butterworth-Heinemann, 2004. https://books.google.co.id/books?id=T_nzJR6v_zUC.

    K.L. Anderson, C.J. Kerr, Customer Relationship Management, McGraw-Hill Education, 2001. https://books.google.co.id/books?id=DE2Pbd_qmgkC.

    H. Siahaan, Costumer Relationship Management (CRM) sebagai Sarana Meraih Image Positif untuk Perpustakaan, (2008).

    L.J. Moleong, T. Surjaman, Metodologi penelitian kualitatif, Remadja Karya, 1989. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ.

    P.N. (Indonesia), Pedoman umum penyelenggaraan perpustakaan umum, Perpustakaan Nasional R.I., 2000. https://books.google.co.id/books?id=6bEmAQAACAAJ.


    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Publisher:
    Central Library
    Sriwijaya University
    Flag Counter