The Next Generation Librarians

Rusmiatiningsih Rusmiatiningsih

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat mau tidak mau berdampak pada perubahan pola perilaku manusia. Termasuk di dalam perpustakaan, perkembangan teknologi informasi berdampak pada pola pemustaka sekaligus kebutuhan akan informasinya. Tipe pemustaka generasi saat ini disebut-sebut sebagai generasi digital yang tentunya sangat berorientasi pada sumber informasi digital dan menginginkan pelayanan informasi yang lebih cepat secara digital. Perpustakaan sebagai penyedia jasa informasi, tentunya harus menyesuaikan dirinya untuk memenuhi kebutuhan pemustaka generasi digital. Salah satu unsur perputakaan yang dianggap mampu menggerakkan kemana arah dan tujuan perpustakaan adalah pustakawan. Tentunya untuk menghadapi hal ini, dibutuhkan pustakawan yang mampu dengan cepat menyesuaian kebutuhan pemustaka dengan tipe generasi digital. Oleh karena itu, tulisan ini akan mendeskripsikan gambaran-gambaran pustakawan generasi masa depan untuk menjawab kebutuhan informasi pemustaka generasi digital serta mengangkat citra kepustakawanan itu sendiri.

Keywords


Library, Teknologi Informasi, Pustakawan, Perpustakaan Digital.

Full Text:

PDF

References


Soeatminah, Perpustakaan, kepustakawanan dan pustakawan, Kanisius, Yogyakarta, 1992.

Laksmi, Tinjauan kultural terhadap kepustakawanan: Inspirasi dari Sebuah karya Umberto Eco, Sagung Seto, 2007.

S. Aw, Komunikasi interpersonal, (2011).

B. Sudarsono, Pustakawan cinta dan teknologi, Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakan dan Informasi Indonesia, Jakarta, 2009.

E. Fatmawati, The Art of Library: Ikatan Esai Bergizi tentang Seni Mengelola Perpstakaan, Semarang Univ. Diponegoro. (2010) 315.

B. Sudarsono, Antologi Kepustakawanan Indonesia, Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia bekerja sama dengan Sagung Seto, Jakarta, 2006.

R. Hermawan, Z. Zen, Etika kepustakawanan: suatu pendekatan terhadap kode etik pustakawan Indonesia, Jakarta Sagung Seto. (2006).

A. Surachman, Pustakawan Asia Tenggara menghadapi Globalisasi dan Pasar Bebas (Southeast Asian’s Librarians is facing the globalization and free market), Media Pustak. 19 (2011) 17–22.

T. Makmur, Budaya kerja pustakawan di era digitalisasi; perspektif organisasi, relasi dan individu, (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University