Profesi Pustakawan: Tantangan dan Peluang

Siti Rulyah

Abstract


Dalam mengelola sumber daya manusia, menjadi profesional merupakan tuntutan jabatan, pekerjaan maupun profesi. Aspek penting dari suatu profesi, adalah sikap profesional dan kualitas kerja. Menjadi profesional indentik dengan menjadi ahli dalam bidangnya. Pustakawan professional sendiri disamping ahli dalam bidangnya harus memiliki integritas dan personaliti. Karena dalam perspektif pengembangan sumber daya manusia, menjadi profesional adalah satu kesatuan antara konsep kepribadian dan integritas yang dipadukan dengan keahliannya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah semua aspek di berbagai bidang, tak terkecuali perpustakaan. Kondisi ini juga berpengaruh terhadap profesi pustakawan. Tulisan ini mencoba untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang profesi pustakawan. Pada zaman globalisasi sekarang ini tantangan profesi pustakawan bersifat eksternal dan internal. Tantangan eksternal peran pustakawan bukan lagi sebagai perantara informasi, melainkan sebagai pengelola informasi dan fasilisator informasi, sedangkan tantangan internal, pustakawan ditantang untuk membentuk integritas kepribadian yang kokoh sebab akibat dari globalisasi. Tantangan ini dapat diatasi apabila pustakawan tak pernah berhenti mengembangkan diri dan belajar, terutama terhadap hal-hal yang baru akibat dari perubahan, ketidakmenentuan, dan kompleksitas dari keduanya. Apabila pustakawan telah dapat beradaptasi dengan tantangan-tantangan tersebut, pustakawan juga akan dapat beradaptasi terhadap perkembangan dan kemajuan secara mengglobal yang nantinya melahirkan era baru, yaitu era kompetisi, dan pustakawan dapat bersaing/bekerjasama dengan profesi lain secara sehat terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Keywords


Pustakawan, Profesi, dan Profesionalisme, Tantangan Pustakawan, Peluang Pustakawan

Full Text:

PDF

References


PERPUSNAS RI, Media Pustakawan: Media Komunikasi Antar Pustakawan, 20 (2013).

W. Nashihuddin, Menumbuhkan Kompetensi dan Profesionalisme Pustakawan: Sebuah Catatan, (2011). http://agafur903.blogspot.co.id/2013/02/menumbuhkan-kompetensi-dan.html.

Sulistyo-Basuki, Modul Pengantar Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka, Jakar, 2009.

Purowno, S. Suharmini, Perpustakaan dan Kepustakawanan Indonesia, Universitas Terbuka, Jakarta, 2011.

B. Mustafa, Perubahan Paradigma Layanan Perpustakaan Memasuki Era Teknologi Informasi. Dinamika Informasi dalam Era Global, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998.

Supriyanto, Dukungan Strategis Kepustakawanan dalam Rangka Reformasi Birokrasi Kementrian/Lembaga., Media Kepustakawanan: Media Komunikasi Antar Pustakawan. 20 (2013).

L. Suarny, Diktat bahan ajar Jabatan Fungsional Pustakawan, 1st ed., PERPUSNAS RI, Jakarta, Indonesia, 2016.

R.I. Mentri Aparatur Negara, Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 9, (2014) 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University