Manajemen Waktu Pustakawan Untuk Pengembangan Karier Kepustakawanan Secara Efektif

Dies Meirita Sari

Abstract


Jabatan Fugsional Pustakawan Pegawai Negeri Sipil menurut PP No.16 tahun 1994 adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. Jabatan Fungsional Pustakawan merupakan jabatan yang memiliki potensi dan kualitas yang telah mendapat pengakuan pemerintah sejak terbitnya SK Menpan 1988  hingga pengembangan lebih lanjut dengan SK Menpan 2002 dan terakhir pada tahun 2014  dengan SK Permenpan No 09 tahun 2014. Selain itu dengan legitiminasi  dalam Undang-undang No 43 tahun 2007 dengan kekuatan hukum tersebut semua memberikan tugas-tugas,  kewenangan, kewajiban serta hak terhadap pustakawan dalam pengembangan dirinya  dan pengembangan karier kepustakawanannya dalam melaksanakan pengabdian terhadap bangsa dan Negara. Untuk semua keperluan  terkait pengembangan kariernya, seorang pustakawan dituntut agar mampu menggunakan waktunya secara efektif, produktif dan optimal, sehingga diharapkan dengan pengelolaan manajemen waktu pustakawan secara efektif, dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk kebutuhan pengembangan jabatan fungsional pustakawan secara tepat waktu sesuai ketentuan yang telah di atur untuk kenaikan jabatan pada setiap jenjang jabatan pustakawan.

Keywords


Manajemen waktu, Pengembangan karier, dan Pustakawan

Full Text:

PDF

References


S.N. Bremer, 366 Esai Untuk Memotivasi Diri, PPM, Jakarta, Indonesia, 1993.

M.S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta, 2007.

Indonesia, kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, Indonesia, 2003.

H. Sobri, Pembinaan Karier Pustakawan, Jurnak Kepustakawanan Dan Masy. Membaca. 20 (2004) 34–44.

Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia, Jakarta, Indonesia, 1992.

P.N. RI, Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, Perpustakaan Nasional RI, 2015.

M.K. Dasvita, Pemanfaatan Waktu Senggang bagi Peserta Didik di SMA Pertiwi I Padang, (2013). http://download.portalgaruda.org/article.php?article=181967&val=6303&title=PEMA%09NFAATAN WAKTU SENGGANG BAGI PESERTA DIDIK %09 DI SMA PERTIWI 1 PADANG.

Haslinda, Bimbingan Konseling Penggunaan Waktu Luang, (2014). http://hase02.blogspot.com/2014/05/bimbingan-konseling-penggunaan-waktu.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University