Pendidikan pemakai (user education) bagi mahasiswa baru di Perpustakaan Universitas Sriwijaya

Beta Ria Febrianti

Abstract


Pendidikan pemakai merupakai kegiatan yang rutin dilakukan di Perpustakaan Universitas Sriwijaya dalam menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya. Kegiatan pendidikan pemakai ini dilaksanakan dalam rangkaian pengenalan kehidupan kampus (PK2). Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pengguna serta memberikan pendidikan tentang cara memanfaatkan perpustakaan, mengakses informasi dengan tepat, cepat dan efisien. Ada beberapa metode yang dilakukan dalam pendidikan pemakai di Perpustakaan Universitas Sriwijaya diantaranya metode ceramah, metode seminar/demontrasi, wisata perpustakaan dan penyebaran brosur perpustakaan. Pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah pustakawan dan staff pengelola perpustakaan. Dalam jadwal PK2 yang sangat singkat mengakibatkan kegiatan pendidikan pemakai ini tidak berjalan sempurna, dari 10 fakultas yang ada di Universitas Sriwijaya hanya 4 fakultas yang mengikuti kegiatan pendidikan pemakai di tahun 2018. Untuk itu Perpustakaan Universitas Sriwijaya mencari solusi lain agar mahasiswa baru yang ada di Universitas Sriwijaya mendapatkan pendidikan pemakai dengan cara membuka kelas bimbingan pemakai,  kelas literasi informasi untuk seluruh sivitas akademika Universitas Sriwijaya. Adapun materi yang disampaikan diantaranya pengenalan plagiarisme, penelusuran e-journal dan e-book, bimbingan dalam manajemen referensi, materi sosialisasi sumber-sumber referensi ilmiah yang dilanggan Universitas Sriwijaya serta e-resource yang di langgan Perpustakaan Nasional RI.


Keywords


Pendidikan pemakai; user education; perpustakaan perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Perpustakaan Nasional RI, Standar Nasional Perpustakaan

(SNP) 1. Standar Nasional Perpustakaan Sekolah

Dasar/Madrasah Ibtidaiyah 2. Standar Nasional Perpustakaan

Sekolah Menengah, Jakarta, 2011.

H. Mews, Reader Instruction In Colleges And Universities,

The Library Association, London, 1972.

Fjallbrant, Nancy dan Malley, User Education in Libraries,

Clive Bingley, London, 1987.

R.I.P. Ganggi, Urgensi Pendidikan Pemakai ( User Education )

Bagi Pemustaka Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Agama

Islam : Sebuah Konsep Penerapan, J. Ilmu Perpust. Kearsipan

Khizanah Al-Hikmah. 2 (2014) 80–89. http://journal.uin-

alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al-

hikmah/article/view/143.

Departemen Pendidikan dan kebudayaan RI, Perpustakaan

Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, Dirjen Dikti, Jakarta,

S. Musa, Pendidikan pemakai bagi mahasiswa baru di

perpustakaan perguruan tinggi, XIV (2015) 25–31.

Sulistyo- Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan, Gramedia

Pustaka Utama, Jakarta, 1991.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University