Serah Simpan Karya Ilmiah sebagai Pendukung Pengembangan Sistem Repositori Institusi di UPT Perpustakaan Universitas Sriwijaya

Beta Ria Febrianti

Abstract


Serah simpan karya ilmiah di perguruan tinggi merupakan kegiatan yang di lakukan oleh perpustakaan selaku tempat pendokumentasian hasil karya ilmiah sivitas akademika. Hal ini merupakan penggerak utama perpustakaan perguruan tinggi membangun aplikasi untuk dapat menyimpan dan melayankan informasi secara cepat,tepat dan akurat kepada penggunanya. Membangun repositori institusi adalah jalan keluar yang dapat di terapkan untuk menjaga pendokumntasian hasil karya ilmiah yang ada di suatu perguruan tinggi. Perpustakaan Universitas Sriwijaya (Unsri) telah membangun repositori institusi untuk mendokumentasikan karya ilmiah sivitas akademikanya. Kegiatan ini telah dilakukan dengan cara upload mandiri bagi seluruh mahasiswa dimulai pada akhir Juli 2019. Dalam pelaksanaa pembangunan repositori institusi di Perpustakaan Unsri ada beberapa kendala yang dijumpai dalam pelaksanaannya diantaranya adalah:1. Banyak mahasiswa belum mengetahui tata cara upload mandiri 2. Kurangnya sosialisasi fakultas untuk mengingatkan mahsiswanya menyerahkan karya ilmiah ke perpustakaan 3. Masih banyak pustakawan dan staf perpustakaan yang kurang menguasai sistem informasi sehingga mereka diharuskan belajar lebih banyak dengan kemajuan sistem informasi yang berkembang.

Keywords


Repository Institusi, serah simpan karya ilmiah, perpustakaan perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References


Perpustakaan Nasional RI, Standar Nasional Perpustakaan (SNP) 1. Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah 2. Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah, Jakarta, 2011.

F. Ardiansyah, W. Muhammad, Mobilisasi Pengetahuan pada Repositori Institusi Berbasis Pengalaman Pengguna Knowledge Mobilization in Institutional Repository based on User Experience, (n.d.). http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika.

J. Kim, Finding documents in a digital institutional repository: DSpace and Eprints, Proc. Am. Soc. Inf. Sci. Technol. 42 (2006) n/a-n/a. doi:10.1002/meet.1450420173.

Y. Yaniasih, F. Ardiansyah, S. Basuki, Analisis Kualitas Dan Fasilitas Swaarsip Web Repositori Institusi Lembaga Penelitian: Perbandingan Lipi Dan Lembaga Internasional, Baca J. Dokumentasi Dan Inf. 36 (2016) 49. doi:10.14203/j.baca.v36i1.202.

I. Irawati, P. Muljono, F. Ardiansyah, KESIAPAN REPOSITORI INSTITUSI DI INDONESIA DALAM PRESERVASI DIGITAL Readiness of Institutional Repositories in Indonesia in Digital Preservation, 2012.

Perpustakaan Universitas Sriwijaya, PEDOMAN PENYERAHAN DAN PENGISIAN REPOSITORY DIGITALISASI KOLEKSI SKRIPSI TESIS DAN DISERTASI MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA, Universitas Sriwijaya, Palembang, 2019. file:///C:/Users/Asus/Downloads/Guidelines Repository Unsri 2019-07-31.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Central Library
Sriwijaya University
Flag Counter