Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kejadian infestasi Soil–transmitted Helminths pada pekerja perkebunan kopi Sumber Wadung Kabupaten Jember

Ahmad Hasbi Al-Muzaky, Bagus Hermansyah, Enny Suswati, Yunita Armiyanti, Yudha Nurdian

Abstract


Infestasi Soil - Transmitted Helminths (STH) merupakan masalah kesehatan yang masih sering ditemukan di negara beriklim tropis, salah satunya di Indonesia. Hal ini dikarenakan perkembangan STH membutuhkan kondisi lingkungan yang hangat dan lembab, serta  memerlukan media tanah untuk menjadi fase infektif yang disebut soil - transmitted helminth.Kondisi ini dapat ditemukan di lingkungan perkebunan yang sangat menguntungkan bagi perkembangan STH. Hal ini menyebabkan para pekerja perkebunan sangat beresiko terinfestasi oleh STH. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan kejadian infestasi STH pada pekerja perkebunan kopi. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan desain cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019. Perkebunan yang dipilih adalah Perkebunan Kopi Sumber Wadung di Kabupaten Jember dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden dan diberikan kuisioer PHBS. Pemeriksaan infestasi STH dilakukan dengan dua metode yaitu flotasi dan sedimentasi. Dari 100 responden, 28 pekerja (28%) terinfestasi oleh STH. Kemudian dilakukan uji analisis chi-square antara PHBS dengan kejadian infestasi STH dan didapatkan adanya hubungan antara PHBS dengan kejadian infestasi STH pada pekerja (<0,05).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32539/JKK.v6i1.7233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN (Print) : 2406-7431
E-ISSN (Online) : 2614-0411
 
Editorial Office
Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya
Jl. Dr. Moehammad Ali Kompleks RSMH Palembang 30126, Indonesia
Telp. 0711-352342, Fax.: 0711-373438
email:jurnalfkunsri@gmail.com
CP: dr. Msy. Rulan Adnindya, M.Biomed (WA: 0811-7102488)
 
Creative Commons License
Jurnal Kedokteran Kesehatan : Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya by https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.