APLIKASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS

Reska ., Rahmi Sofah, Syarifudin Gani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan Self Esteem siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya melalui layanan bimbingan kelompok berbasis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa yang mempunyai kriteria harga diri sedang dan harga diri rendah. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala psikologi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Proses kegiatan bimbingan kelompok berbasis Islam tetap mengacu pada tahap-tahap layanan bimbingan kelompok pada umumnya namun pada setiap tahapan disertai dengan pengamalan nilai-nilai Islam dan dilengkapi dengan adab-adab yang biasa dilakukan dalam mentoring agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rasa harga diri sebelum diberikan tindakan menujukkan harga diri yang negatif (kategori rendah dan sedang) setelah diberikan tindakan menjadi harga diri positif (sedang dan tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbasis Islam bisa diaplikasikan untuk meningkatkan Self Esteem siswa.

Kata Kunci : Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Self Esteem


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v1i1.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter