MENGEFEKTIFKAN GAYA BELAJAR AUDITORY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA II DI SMA

Hendri Kapandra, Rahmi Sofah, Kelanawaty Karim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengefektifkan gaya belajar auditory siswa melalui bimbingan kelompok dengan metode diskusi. Metode penelitian ini menggunakan PTBK dengan subyek penelitian 8 orang, diperoleh dari hasil analisis angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta sebagai penunjang dilakukan obeservasi. Data dianalisis secara diskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dapat mengefektifkan gaya belajar auditory siswa disekolah. Rata-rata perbaikan skor tingkat keefektifan gaya belajar auditory  siswa sebelum dilakukan tindakan yaitu 45,5 dalam kategori rendah. Setelah tindakan dilakukan pada siklus pertama skornya menjadi 53,6 yang dikategorikan rendah menjadi sedang. Pada siklus kedua, ternyata skor tingkat keefektifan gaya belajar auditory meningkat lagi menjadi 76,1 dalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa bimbingan kelompok dapat digunakan untuk mengefektifkan gaya belajar auditory siswa disekolah.

Kata Kunci : Gaya Belajar Auditory, Layanan Bimbingan Kelompok, Metode Diskusi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v1i1.1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter