UPAYA MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA “F†TERHADAP PERUBAHAN KONDISI KELUARGA MELALUI KONSELING REALITAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

Devita Sary, Harlina ., Imron A. Hakim

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F†terhadap perubahan kondisi keluarga melalui konseling realitas di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan konseling realitas yang menekankan pada eksplorasi keinginan dan perencanaan tindakan oleh konseli dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa “F†terhadap perubahan kondisi keluarga. Hasil penelitian ini didukung dengan adanya peningkatan skor hasil wawancara sebelum dilakukan tindakan konseling realitas sampai setelah tindakan pada siklus kedua. Pada siklus pertama proses konseling realitas menekankan pada eksplorasi atau pengungkapan keinginan-keinginan konseli terhadap keluarga. Pada siklus kedua proses konseling realitas menekankan pada tahap perencanaan tindakan khususnya pemberian dorongan positif dan memotivasi konseli untuk melaksanakan tindakan yang direncanakan dengan baik. Dengan demikian, tindakan konseling realitas dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa “F†terhadap perubahan kondisi keluarga.

Kata Kunci : Penyesuaian Diri, Kondisi Keluarga, Konseling Realitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v1i1.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 


Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter