HAMBATAN KEMATANGAN PERENCANAAN KARIR MAHASISWA SEBAGAI GENERASI MILLENIAL

Nurlela Nurlela, Endang Surtiyoni

Abstract


Dilema dalam menentukan pilihan karir selalu dihadapi oleh mahasiswa tingkat akhir. Ironisnya sebagai millenial mereka sebenarnya memiliki banyak pilihan, namun dikarenakan tidak matangnya perencanaan karir menyebabkan mereka ragu ragu dalam memilih pilihan karir. Penelitian bertujuan untuk mengkaji hambatan yang ditemukan baik secara internal maupun eksternal. Metode penelitian menggunakan metode survey. Hasil survey menunjukkan secara internal keyakinan dan pemahaman diri yang rendah menjadi hambatan utama, sedangkan secara eksternal ekspektasi dan adaptasi kepada gaya hidup yang membuat mahasiswa menjadi ragu ragu dalam menentukan pilihan karir. Penelitian merekomendasikan perlunya mahasiswa mendapatkan bimbingan karir yang berfokus kepada pendalaman kemampuan dan tipologi kepribadian, selain itu dalam perkuliahan mahasiswa harus dibiasakan melakukan proyek kreatif dalam PBL, dan program studi perlu menambah porsi pengalaman praktik lapangan.

Keywords


Hambatan ; Perencanaan karir; Millenials

Full Text:

PDF PDF

References


Adeliyanti, A., & Khoirunnisa, R. M. (2020). Pengaruh Persepsi Generasi Y Terhadap Pilihan Karir Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 9(1), 1-13.

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karier mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28-40.

Isnain, M., & Nurwidawati, D. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI di SMKN 1 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2).

Lestari, T. N., & Ra hardjo, P. (2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir pada mahasiswa universitas muhammadiyah purwokerto yang sedang menempuh skripsi. Psycho Idea, 11(2)

Suryahadikusumah, A. R., Kurniasari, K., Ferdiansyah, M., Purnamasari, S., & Surtiyoni, E. (2019). Mempersiapkan Karir Siswa Di Era Digital Melalui Pemahaman Tipologi Kepribadian Dan Dunia Kerja. Widya Laksana, 8(2), 119-124.

Susantoputri, S., Kristina, M., & Gunawan, W. (2014). Hubungan antara efikasi diri karier dengan kematangan karier pada remaja di daerah Kota Tangerang. Jurnal Psikologi, 10(1), 59-65




DOI: https://doi.org/10.36706/jkk.v7i1.11592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konsleing p-ISSN2355-7303 dan e-ISSN 2828-2965) 
diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Sriwijaya
Jl. Palembang Prabumulih KM 3.2
Palembang-Indonesia
Email: jkk@fkip.unsri.ac.id
 
 
Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter